Brilio.net - Polar bear atau beruang kutub adalah binatang menggemaskan yang hampir mustahil kita lihat di Indonesia. Beruang kutub hanya bisa bertahan hidup di daerah yang teramat dingin, sedangkan Indonesia adalah negara beriklim tropis yang sering di dominasi cuaca panas.

Beruang kutub sering dijadikan tokoh animasi kartun yang begitu menggemaskan. Hal ini membuat banyak orang begitu penasaran seperti apa beruang kutub dalam kehidupan nyata.

Kutub utara ternyata bukanlah satu-satunya habitat hewan yang satu ini lho. Kamu juga bisa melihat hewan yang hobi hibernasi ini di tempat-tempat lain.

Buat kamu yang udah penasaran, berikut adalah 7 tempat di dunia untuk melihat beruang kutub seperti yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/3).

1. Svalbard, Norwegia.

Loading...

beruang kutub istimewa

foto: Instagram/@onlyonewild

Tempat pertama adalah Svalbard, Norwegia. Di tempat ini, kamu memang tidak bisa berinteraksi langsung dengan beruang kutub. Kamu hanya bisa melihat tingkah lucu beruang kutub dari kapal. Untuk melihat beruang kutub di Svalbard, kamu harus memesan tiket terlebih dahulu melalui penyedia jasa tur.

2. Churchill, Manitoba, Kanada.

beruang kutub istimewa

foto: Instagram/@alessandroredaelli_wildphoto

Churchill yang terletak di Manitoba, Kanada ini dijuluki sebagai "Ibu Kota Beruang Kutub Dunia". Berbeda dengan Svalbard, kamu bisa melihat beruang kutub secara dekat di tempat ini.

Banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk fotografi. Mereka bisa menyewa penginapan untuk melihat tingkah dari beruang kutub secara langsung.

3. Kaktovik, Alaska.

beruang kutub istimewa

foto: Instagram/@huskyderp

Alaska adalah bagian terluar Amerika Serikat di bagian utara. Orang-orang yang tinggal di Alaska umumnya memiliki perkerjaan yang didedikasikan untuk alam bebas.

Di Kaktovik, kamu bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal yang menawarkan wisata melihat beruang kutub menggunakan perahu. Populasi beruang kutub di Kaktovik cukup banyak, sehingga pengunjung bisa terpuaskan.

4. Wrangel, Rusia.

beruang kutub istimewa

foto: Instagram/@churchillpolarbears

Pulau Wrangel yang merupakan bagian dari Rusia ini terletak bersebelahan dengan Alaska. Kawasan pulau ini tak terlalu banyak orang yang menempati, sehingga satwa liar seperti beruang kutub dapat berkembang biak dengan baik.

Tempatnya yang dikelilingi lautan menjadikan Wrangel agak berisiko untuk melihat beruang kutub secara langsung. Meski begitu, Pulau Wrangel menjadi tempat yang unik untuk bisa menyaksikan beruang kutub yang hidup secara bebas.

5. Greenland.

beruang kutub istimewa

foto: Instagram/@perlanmuseumiceland

Dataran luas Greendland terletak tak begitu jauh dari Islandia. Ketika berlibur ke Islandia, nggak ada salahnya mengunjungi Greendland agar bisa menikmati pemandangan beruang kutub berkeliaran. Selain menyaksikan beruang kutub, jika beruntung kamu juga bisa melakukan ekspedisi aurora sekaligus.

6. Franz Josef Land, Russia.

beruang kutub istimewa

foto: Instagram/@celeste.walz

Berjarak 560 mil dari Kutub Utara, Franz Josef Land yang merupakan bagian dari Rusia ini hanya dihuni oleh orang-orang militer yang penuh dengan kehidupan keras. Terdiri dari 191 pulau kecil, Franz Josef Land memberimu banyak peluang untuk bertemu beruang kutub secara langsung.

7. Nunavut, Kanada.

beruang kutub istimewa

foto: Instagram/@yourvisacanada

Nunavut adalah bagian dari Kanada di mana kamu bisa melihat segala jenis satwa liar Arktik, termasuk beruang kutub. Di sebelah Nunavut, terdapat pantai barat Teluk Hudson yang menjadi rute migrasi beruang kutub. Selain beruang kutub, kamu juga akan mendapati safari-safari unik yang beterbangan di langit Nunavut.

Nah itu dia tujuh tempat di dunia untuk menyaksikan beruang kutub. Bercita-cita pengen ke sana nggak?