Brilio.net - Sepatutnya kekurangan tak jadi penghalang siapa pun untuk tetap bisa menunjukkan kemampuannya dan berprestasi. Hal itulah yang dipraktikkan Anjas Pramono (17), siswa SMA 2 Kudus. Meskipun setiap harinya ia harus berjalan dengan bantuan tongkat, tapi ia membuktikan bahwa kemampuannya malah jauh melebihi mereka yang mempunyai fisik normal.

Prestasi Anjas harus diacungi jempol. Ramaja yang menderita penyakit Osteoporosis Imperfekta ini merupakan leader tim Indonesia pada ajang International Science Enterprise Challenge (ISEC) 2015 yang bersaingan dengan negara-negara asing, 24-25 Juli lalu. Anjas juga merupakan salah satu delegasi dalam Mathematic Olympiad 2014 di Singapura.

Di usia yang masih sangat belia Anjas harus menerima kenyataan bahwa dirinya terkena penyakit Osteoporosis Impeefekta. Penyakit Osteoporosis yang menyerang anak kecil itu membuat pengerasan tulang kakinya menjadi telambat.

"Gara-gara Osteoporosis Imperfekta itu, setiap saya jatuh pasti patah tulang. Dan itu terjadi berulang-ulang," terang Anjas kepada brilio.net, Selasa (28/7).

Proses kembalinya tulang kaki Anjas tak bisa cepat. Pun kakinya tak bisa ditangani medis dengan jalan operasi yang segera. Menurut dokter yang menanganinya, operasi baru bisa dilakukan setalah umurnya 17 tahun.

Tiap jatuh pasti patah tulang, Anjas masih sanggup berprestasi dunia

Sebenarnya saat ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar, ia bisa berjalan normal seperti temannya apda umumnya. Namun saat kelas 4, ia sudah merasa kesusahan berjalan. Ia pun baru tahu bahwa nama penyakit yang ia derita adalah Osteoporosis Imperfekta. Aktivitas kesehariannya setelah itu harus dibantu dengan kursi roda. Baru setahun lalu ia berani menggunakan tongkat.

Di ajang ISEC 2015, ia bersama 5 temannya dari SMA 2 Kudus menawarkan gagasan "Smart Sawah" yang menjadi solusi pengairan bagi sawah. Gagasan itu beradu dengan negara-negara lain seperti Filipina, Jepang, Singapura, Thailand, Guam, Mongolia, Rusia, dan Turki. Tahun 2014, ia juga dipilik Surya Institute untuk mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Matematika Internasional di Singapura. Tak hanya itu, beberapa waktu lalu Anjas juga memenangi lomba Debat Bahasa Inggris tingkat Jawa Tengah.

Memang, meski punya keterbatasan fisik, Anjas membuktikan bahwa kemampuannya tak terbatas.