Brilio.net - Setiap perayaan Natal, Sinterklas (Santa Klaus) selalu hadir menjadi tradisi. Tokoh Sinterklas dengan tawa khasnya, ho…ho…ho... ini digambarkan sebagai sosok orangtua berjanggut dan berambut putih dengan tubuh besar yang selalu membawa sekarung hadiah untuk dibagikan saat malam Natal. Tak heran jika Sinterklas selalu dinanti anak-anak. Selain bertubuh besar dan baik hati, Sinterklas selalu identik dengan kereta salju yang ditarik sembilan rusa kutub.   

Tapi, tampaknya kisah sembilan rusa kutub itu bakal berakhir. Loh kok bisa? Maklum, baru-baru ini seperti dilansir RT.com, Boston Dynamics, Jumat (25/12), salah satu perusahaan robot terbesar yang pada 2013 lalu diakuisisi Google secara resmi memperlihatkan kepada publik robot hewan yang menyerupai anjing untuk menarik kereta salju Sinterklas. Bahkan, warga Waltham, Massachusetts telah menyaksikan penampilan hewan robot yang mirip terminator ini dalam beberapa tahun terakhir.

Para desainer Boston Dynamics datang dengan ide baru ini untuk memberikan gambaran bahwa Sinterklas juga mengikuti perkembangan teknologi. Dalam sebuah video yang diunggah Boston Dynamics di youtube nampak tiga robot menarik kereta salju yang ditunggangi seorang wanita berbaju Sinterklas.

Robot hewan seberat 72,5 kg ini merupakan hasil uji coba dari sejumlah purwarupa yang dibuat sebelumnya. Robot yang dinamakan Spot Bots ini digerakkan secara elektrik dan akan diresmikan penggunaannya pada Februari mendatang. Keunggulan robot ini memiliki suara yang jauh lebih tenang dari pendahulunya. Anehnya, robot ini tanpa kepala, kenapa ya?

Spot dapat beroperasi di dalam dan luar ruang yang membuatnya jauh lebih fleksibel dan stabil. Tak heran jika di tahun-tahun mendatang, kehadiran Spot Bots bakal membuat sembilan rusa kutub Sinterklas benar-benar pensiun, temasuk si Rudolph, rusa berhidung merah yang terkenal itu.