Brilio.net - Istilah backstreet atau pacaran sembunyi-sembunyi tanpa diketahui orangtua tentu sudah nggak asing lagi. Biasanya mereka yang memutuskan untuk pacaran sembunyi-sembunyi ini karena tidak diizinkan oleh orangtuanya. Bisa jadi karena diaggap belum cukup umur atau malah takut tak direstui oleh orangtua. Tapi apakah harus backstreet ketika orangtua tidak menyetujui hubungan dengan kekasih?

Saat backstreet, biasanya gaya pacaran akan terus-menerus bersembunyi dan berbohong dari orang-orang terdekat. Akibatnya hubungan jadi tak sehat dan seperti dipaksakan. Hal inilah yang dilakukan Zikria (26). Perempuan ini mengaku pernah menjalani backstreet dengan seorang pria bernama Minho (26), nama samaran. Kebohongan demi kebohongan terus ia lakukan untuk menutupi hubungannya dengan pria yang dikenalnya sejak saat masih duduk di bangku SMP.

Pacaran diam-diam itu dilakukan Zikria ketika baru saja lulus SMA. Meski dia mengenal Minho sejak duduk di bangku kelas 3 SMP. Zikria baru sebatas kagum dengan Minho. Ketika SMA mereka berada di satu sekolah dan saling mengetahui perasaan masing-masing saat kelas 2 SMA. Meskipun begitu mereka belum berniat untuk pacaran dan membiarkan perasaan mereka larut seiring berjalannya waktu dan memilih saling menganggap sebagai sahabat.

Tak disangka, meski masing-masing sudah menyibukkan diri, perasaan mereka tetap hidup. Tiga bulan setelah lulus SMA mereka sepakat menjalin hubungan pacaran. Tapi ternyata hubungannya dengan Minho tidak disetujui oleh mama Zikria. Mengetahui hal tersebut membuat Zikria harus selalu berbohong pada mamanya ketika hendak pergi dengan Minho. Bukannya memberikan rasa senang, hubungan rahasia justru lebih banyak memberikan efek takut dan cenderung tidak tenang.

"Pernah dulu aku mau pergi nonton sama dia, bilang sama Mama mau pergi sama teman. Bohong kan tuh, udah deh, dalam perjalanan kita malah salah jalur sampai kesasar ke pemukiman yang nggak kita kenal dan nggak tau jalan pulang. Hujan-hujanan dan banjir setinggi betis lagi. Berasa kena adzab Allah karena udah bohong sama mama," kenang Zikria.

Gaya pacaran yang dijalani Zikria dengan Minho bertahan selama 2 tahun, dimulai dari tahun 2007. Hubungan romantis yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi identik dengan bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak. Puncaknya pada tahun 2009 saat Zikria hendak merantau ke Batam, mereka akhirnya putus.

Barulah setelah putus, Zikria memberanikan diri untuk jujur pada mamanya. "Ternyata mama tahu kalau aku pacaran backstreet tapi mama diam karena mau menjaga perasaanku. Mama malah bersyukur aku putus karena menurutnya Minho bukan cowok yang tepat".

Menurut wanita yang bekerja sebagai karyawan swasta ini menyadari bahwa sebuah hubungan asmara yang tidak disetujui orangtua, bagaimanapun kita berusaha tidak akan berakhir ke jenjang pernikahan. Terkadang itu merupakan cara Tuhan mengatakan bahwa bukan jodoh lewat orangtua.

Jadi, bila kamu ingin menjalani hubungan asmara, cobalah berusaha membuat  orangtua kenal dengan pasanganmu. Buktikan kalau dia memang  membawa pengaruh baik bukan malah membuat orangtua semakin kecewa dengan sikapmu, dengan berbohong menjalin pacaran backstreet misalnya. Big no!

Cerita ini disampaikan oleh Zikria melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu!