Brilio.net - Sekolah sering kali terasa membosankan bagi para siswa. Sebab, seabrek mata pelajaran yang disampaikan setiap hari harus dikuasai para siswa, ditambah penugasan di rumah yang juga mesti selesai. Tapi, memang, hal itu mau tak mau dijalani oleh sebab pentingnya pendidikan.

Namun, beberapa sekolah berikut ini menawarkan hal yang berbeda dengan pada umumnya. 10 Sekolah berikut ini barangkali merupakan yang teraneh yang pernah ada di dunia, dikutip brilio.net dari LolWot, Kamis (20/8).

1. Sekolah perahu Bangladesh

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Sekolah ini diprakarsai oleh organisasi on profit bernama Shidhulai Swanirvar Sangstha, melihat dampak dari terjadinya banjir yang rutin terjadi dua kali setahun di Bangladesh. Sekolah ini dibangun sejak 2002 dan hingga kini telah mendidik tak kurang dari 70.000 siswa dalam 100 perahu.

2. Sekolah bawah tanah Meksiko

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Sekolah dii Artesia, Meksiko ini dibangun ketika perang dingin berlangsung yang memiliki fungsi lain sebagai tempat penampungan sementara. Maksud dibangunnya gedung ini adalah mengantisipasi serangan nuklir.

3. Sekolah Harvey Milk New York

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Sekolah yang dibangun aktivis gay Harvey Milk ini mulai beroperasi pada 1985 didasari oleh banyaknya orang yang berkicau antigay dengan pengetahuan yang minim. Sekolah ini terbuka untuk para lesbian, gay, transgender, biseksual, serta orang-orang yang ingin belajar tentang seksualitas dan jender. Sekolah yang memfasilitasi para remaja yang menjadi korban akibat perihal jender, kesetaraan dan keanekaragaman ini menjadi sekolah reguler sejak 2003.

4. Sekolah masa depan Philadelpia

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Di sekolah yang mulai beroperasi pada 2006 ini para siswa menggunakan laptop. Masing-masing siswa memiliki loker digital yang dibuka dengan ID card, sedangkan guru mengajar dengan smart board yang terkomputerisasi.

5. Sekolah bebas Brooklyn

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

sekolah bebas ini tidak memiliki kurikulum tertentu, tanpa tes, tanpa pekerjaan rumah, tanpa peringkat-peringkat. Sekolah dibagi menjadi dua kelas, yaitu usia 4-11 dan usia 11-18. Siswa memutuskan sendiri dia akan melakukan apa di sekolah, bahkan diperkenankan jika sedang tak ingin hadir. Setiap pekan para guru mengadakan rapat tentang perkembangan para siswa. Para siswa pun dapat mengadakan rapat sesama siswa, maupun dengan para guru.

6. Sekolah Trabajo Ya Spanyol

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Trabajo Ya berarti sekolah siap kerja, seperti SMK di Indonesia. Namun kerja yang dimaksud khusus pada hal prostitusi yang telah legal di negara itu. Para siswa diajarkan teori maupun praktik di sekolah ini. Para guru merupakan orang-orang yang punya pengalaman dalam bisnis prostitusi.

7. Sekolah sihir Massachusetts

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Sekolah ini pada awalnya berada di Chicago, namun dengan alasan masyarakat yang kurang bersahabat dengan para penyihir maka pindah ke Massachusetts. Para penganut Kristen di Chicago seringkali menyirami roda mobil para penyihir dengan air suci, serta roda mobil mereka sendiri untuk menangkal sihir.

8. Sekolah peron kereta api India

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Sekolah yang "dibangun" oleh wanita India Inderjit Khurana pada 1985 ini didasari oleh seringnya ia melihat anak-anak usia sekolah yang justru menghabiskan hari di kereta untuk mencari pekerjaan. Dia sadar bahwa anak-anak tersebut punya masa depna yang kurang baik sehingga dia mendirikan sekolah sekaligus Ruchika School Social Service Organization untuk pembiayaan sekolah tersebut. Hingga kini sudah 4000 siswa yang bersekolah di sini. Inderjit juga memberikan layanan kesehatan serta makanan bagi para keluarga siswa sehingga anak-anak tidak terbebabni dengan mencari biaya pengobatan dan dapat tetap bersekolah.

9. Sekolah lari bebas Los Angeles

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Sekolah ini menawarkan kebebasan berekspresi seputar lompat, lari, memanjat, bersepeda, dan lainnya.

10. Sekolah sihir California

10 Sekolah ini paling aneh di dunia, mengapa?

Sekolah yang berbasis di California ini merupakan yang sekolah sihir pertama yang pernah dikenal.