Brilio.net - Menggosok gigi menjadi rutinitas yang dilakukan setiap hari. Selain berguna untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri di mulut, menggosok gigi juga dapat menambah kepercayaan diri kamu. Dilansir brilio.net dari trendingpost, Kamis (17/12), berikut tips mudah dalam merawat gigi yang wajib kamu praktikkan agar gigimu kuat dan tidak mudah keropos.

1. Pilih sikat gigi yang baik

Sepele tapi tak banyak yang tahu, ini cara sikat gigi yang benar foto: wikimedia.org

Agar proses pembersihan gigi maksimal, sangat disarankan untuk memilih sikat gigi yang baik dan nyaman. Pilihlah ukuran yang pas serta memiliki tekstur bulu sikat yang lembut. Kamu juga bisa menggosok gigi sambil bercermin agar setiap sela di mulutmu dapat terjangkau dengan baik.

2. Pegang batang sikat gigi dengan tepat

Sepele tapi tak banyak yang tahu, ini cara sikat gigi yang benar
foto: hswstatic.com


Jika kamu ingin menghasilkan tekanan yang pas, pegang batang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Hindari juga untuk menggosok gigi terlalu keras karena bisa merusak tekstur gigi.

3. Jangan menggosok gigi sehabis makan

Sepele tapi tak banyak yang tahu, ini cara sikat gigi yang benar

Hindari untuk langsung menyikat gigi setelah makan karena dapat merusak enamel gigi. Biarkan mulut kamu membersihkan diri secara alami menggunakan air liur. Setelah jeda kira-kira 30 menit, silakan bersihkan gigimu secara menyeluruh dengan sikat gigi.

4. Jangan langsung makan setelah gosok gigi

Sepele tapi tak banyak yang tahu, ini cara sikat gigi yang benar foto: ilykecdn.com

Hindari untuk makan atau minum setelah menyikat gigi karena dapat menghambat proses pembersihan yang dilakukan oleh pasta gigi dan sikat gigi. Ketika kamu mengonsumsi makanan, asam dalam makanan bereaksi dengan bahan kimia dalam sikat gigi dan yang menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada gigi.

5. Luangkan waktu untuk menyikat gigi

Sepele tapi tak banyak yang tahu, ini cara sikat gigi yang benar
foto: millionpictures.co


Supaya mendapatkan hasil maksimal, jangan terlalu terburu-buru saat menggosok gigi. Dengan menyikat gigi secara perlahan dan menyeluruh, maka sisa makanan dan bakteri yang menempel di sela-sela gigi akan terangkat sempurna.

Nah untuk lebih jelasnya, brilio.net juga sertakan video cara menggosok gigi yang benar ini diambil dari akun Youtube Howcast: