Brilio.net - Banyak orang gugup saat akan tampil di atas panggung. Kata-kata yang mereka susun dengan persiapan lama tiba-tiba hilang saat berada di atas panggung. Rasa gugup semakin menjadi-jadi jika di antara audiens yang mendengarkannya ada pejabat tinggi bahkan sekelas menteri. Akibatnya konsentrasi bisa buyar.
 
Tidak heran jika akan menjadi pembicara di acara besar, banyak orang yang memilih mengundang pelatih atau pendamping yang bisa membuat mereka benar-benar siap untuk tampil.

Fifi Juliani, praktisi Teater Pagupon Sastra UI, salah satu orang yang sering melatih calon pembicara di acara besar menuturkan, banyak pembicara yang merasa terintimidasi dengan audiens yang dihadapinya. Akibatnya, konsentrasi mereka hilang dan mereka kadang melakukan gerak untuk mengurangi grogi, padahal itu bisa menambah kehilangan konsentrasi.
 
“Kadang mereka merasa malu, terintimidasi. Hal ini diperparah dengan rasa percaya diri yang belum terbangun. Padahal mereka menguasai materi yang akan disampaikan,” ujar Fifi kepada brilio.net, Jumat (13/11).
 
Lalu Fifi memberikan tips, agar pembicara fokus pada apa yang akan disampaikan. Fokus pada orang atau audiens yang dihadapi. ”Cari titik konsentrasi. Tenang dulu, tarik napas panjang, berdiri di satu tampat lalu mulai berbicara,” tambah Fifi. (Reporter: Islahuddin)