Brilio.net - Jangan pernah anggap remeh dehidrasi. Tubuh kita tak boleh berada dalam fase dehidrasi sedikit pun. Sebabnya, kecukupan air menjamin kelancaran metabolisme dan integrasi antarsistem. Singkat kata, kecukupan air sangat vital untuk memelihara anatomis-fisiologis-psikologis.

Dikutip brilio.net dari buku Mitos dan Fakta Kesehatan 2 yang ditulis Erikar Lebang, Senin (15/6), kita tidak boleh percaya bahwa kita belum butuh air bila tidak haus. Itu salah total.

Kehausan merupakan pertanda tubuh mulai rusak karena kekurangan air. Nah, lho!

Kita juga tidak boleh lengah untuk mendeteksi ketersediaan sirkulasi dan cadangan cairan tubuh via air seni. Air seni bening berarti sempurna, berwarna berarti kurang, dan keruh berarti bahaya.

Erikar, yang juga seorang praktisi kesehatan dan food combining, juga menekankan pentingnya minum air putih berkualitas baik. Air putih berkualitas memberikan kebutuhan terhadap cairan yang bisa menghidrasi tubuh secara maksimal. Dengan begitu, sel tubuh menjadi sehat, daya tahan tubuh kuat, proses metabolisme lancar, sistem syaraf sempurna, dan memberi tubuh PH netral cenderung basa.

Lebih lanjut, dia juga menekankan kita untuk melupakan teh, kopi, dan alkohol. Bukan tanpa alasan dia mengimbau demikian, sebab tiga substansi selain air putih tersebut memberi efek diuretikal, menguras cairan tubuh, tanpa disadari. Begitu juga sifat susu, soda, dan kola.

Pesan Erikar, untuk kamu yang sedang menjalani olahraga pembentukan tubuh, jangan terjebak program pengurasan cairan tubuh untuk pelangsingan. Ini salah besar. Kamu bisa mendapatkan gambaran ketika tubuh kekurangan cairan bila membaca manfaat air putih berkualitas di atas dong, guys.

Dan untuk kamu yang merupakan ibu muda atau memiliki saudara yang menjadi ibu dalam masa menyusui, jangan pernah mengikuti program pelangsingan tubuh paskahamil yang menyarankan pengurangan cairan tubuh secara abnormal. Jelas cara ini salah besar! Cairan dalam tubuh ibu menyusui yang kurang juga akan memengaruhi produksi ASI. Akhirnya bayi tidak mendapatkan ASI maksimal.

Nah, kalau kamu memang ingin bersauna, berlari, angkat beban, atau beraktivitas kelas, yang 'menguras' keringat, limpahi kembali tubuhmu dengan minum air putih secukupnya.

Jadi, jangan pernah lupakan air putih ya guys. Kesehatanmu lho!

 

BACA JUGA:

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?