Brilio.net - Jalan merupakan cara murah meriah untuk memulai hidup sehat. Hasil yang paling kamu rasakan adalah keluarnya keringat, yang artinya itulah hasil dari pembakaran kalori.

Nah, bisakah menurunkan berat badan dengan mengandalkan jalan kaki saja?

Jawabannya bisa! Akan tetapi kamu perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhinya. Jumlah kalori yang bakal kamu bakar dengan berjalan ditentukan berat badan dan kecepatan berjalan, seperti dilansir brilio.net dari laman Healthy and Natural World, Jumat (7/8).

Rata-rata, jika kamu berjalan dengan kecepatan 4 mil (sekitar 6,43 km) per jam (kecepatan umum), maka kalori yang terbakar sekitar 400 kalori per jam. Namun begitu, kamu tak perlu menempuh 4 mil. Kamu bisa 'mengganti' dengan rutin melakukan jalan dengan jarak yang lebih pendek, lalu digabungkan dengan aktivitas sehar-hari yang banyak melibatkan olah badan.

Untuk menurunkan berat badan rata-rata orang perlu mengambil sekitar 2.000 langkah dalam jarak tempuh rata-rata. Satu mil (1.6 km) membakar sekitar 100 kalori. Ini berarti, pedometer akan mencatat berapa mil yang sudah kamu tempuh setiap hari dan berapa banyak kalori yang sudah terbakar.

1 mil = 2.000 langkah = 100 kalori terbakar
1 pound (0.45 kg) = 3.500 kalori
Penurunan berat badan 1 pound per minggu = pengurangan 500 kalori per hari
Untuk menurunkan 1 pound per minggu, kamu butuh berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap hari.

Berjalan bisa membantu kamu yang berniat diet penurunan berat badan, tapi tak sempat berolahraga ke gym. Selain itu, kamu juga disarankan menambah rutinitas sehari-hari untuk membakar kalorimu lagi. Misalnya saja, mengambil 10.000 langkah setiap hari bikin kamu keder, lakukan saja aktivitas berikut:

- Berjalan kaki menuju tempat kerja (kalau dekat), atau berjalan ke pemberhentian angkutan umum untuk pergi dan pulang kantor
- Kalaupun membawa kendaraan saat ke kantor, parkirlah yang lebih jauh sehingga membuatmu mesti berjalan ekstra
- Naik tangga, bukan baik lift saat di kantor dengan gedung bertingkat
- Jalan-jalan pagi atau ke mana pun selama masih terjangkau, jalan kakilah

Nah, bagaimana kalau kamu terburu bosan berjalan kaki? Lakukan langkah-langkah berikut:
- Mengambil jalur jalan kaki yang baru
- Sesekali bisa datang ke gym untuk treadmill (ganti suasana)
- Ajak keluarga, pacar, atau teman jalan kaki bersama sekali waktu, dan sebagainya

Kamu juga jangan asal jalan kaki. Untuk hasil yang maksimal, pastikan ketika berjalan, tubuhmu tegap, dagumu terangkat, fokus mata ke depan. Gaya berdiri dan berjalan yang tegap bukan hanya mengesankan kamu percaya diri, tapi juga baik untuk otot dan tulangmu.

Untuk membantumu bisa memantau jarak tempuh dan kalori yang terbakar, kamu bisa menggunakan pedometer. Pedometer adalah sebuah alat elektronik atau elektromekanis yang menghitung setiap langkah seseorang dengan mendeteksi gerakan pinggul dari orang tersebut. Dengan dilengkapi berbagai fitur, alat ini bisa memudahkan niatmu menurunkan berat badan dengan cara berjalan. Fitur utamanya adalah menghitung jumlah langkah yang kamu ambil selama latihan atau sepanjang hari yang kamu lalui.

Kamu wajib mencobanya sendiri dan buktikan manfaatnya. Kesehatanmu lho!