Brilio.net - Kalau disuruh memilih antara makan makanan enak dibandingkan dengan makanan sehat, pasti kebanyakan orang lebih memilih makanan yang bisa menggunggah seleranya, ya kan? Ngaku deh! Ya iya lah, makanan sehat kebanyakan nggak ada rasanya. Hambar! Ngelihatnya saja sudah bikin eneg, apa kabar kalau dimakan.

Makanan yang enak-enak memang bikin kita jadi lahap, bahkan bisa nambah berkali-kali saking nikmatnya. Tapi hati-hati guys, organ tubuh manusia, seperti misalnya jantung, ternyata memiliki pantangan terhadap makanan juga lho. Apalagi kalau kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, wah bisa ngefek ke penyumbatan jantung. Jantungmu bisa lelah bekerja, akhirnya sakit deh.

Kenapa makanan enak bisa bikin sakit jantung? Ini karena ada kandungan natrium yang tinggi di dalamnya. Nggak cuma itu, penumpukan kalori, serta lemak jenuh jahat juga bisa berakibat fatal, penyumbatan pembuluh darah. Kalau ngeyel dimakan terus, kamu bisa cepat mati. Duh!

Berikut ini enam jenis makanan enak yang justru bisa merusak jantungmu, seperti dikutip brilio.net dari Livescience, Senin (14/9).

1. Makanan kalengan

Loading...

6 Makanan lezat yang mengancam kesehatan jantung, waspada!

Kalau makanan jenis ini sih nggak perlu penjelasan panjang lebar deh, selain menggunakan bahan pengawet supaya bisa tetap dikonsumsi dalam rentang waktu tertentu, kandungan natrium alias garam yang tinggi ternyata bisa menyebabkan pembuluh darah jadi kaku, tekanan darah bisa saja meningkat drastis. Kalau sudah begini, nggak cuma jantung, penyakit menyeramkan lainnya bisa mengancam kesehatanmu.

2. Minuman bersoda

6 Makanan lezat yang mengancam kesehatan jantung, waspada!

Nggak ada yang bisa menolak nikmatnya minum minuman bersoda dingin saat cuaca lagi terik-teriknya. Surga dunia banget dah! Tapi siapa sangka, mengonsumsi minuman bersoda bisa membawa berbagai macam penyakit. Nggak percaya? Bayangin saja, dalam sekaleng minuman bersoda ada gula pemanis buatan, pengawet, pewarna, perasa. Wah.., tubuhmu bisa-bisa 'jebol' tuh. Yakin deh!

3. Sosis

6 Makanan lezat yang mengancam kesehatan jantung, waspada!

Siapa yang sangka kalau makanan olahan daging yang sering jadi penyelemat tanggal tua bagi anak kos itu ternyata bisa mematikan jantungmu? Sosis yang punya banyak varian rasa, dari mulai ayam sampai sapi ini ternyata memiliki kandungan bumbu, termasuk natrium dalam jumlah yang nggak sedikit. Belum lagi kandungan lemak jenuhnya yang tinggi, bisa-bisa gagal jantung tuh.

4. Kentang goreng

6 Makanan lezat yang mengancam kesehatan jantung, waspada!

Hayooo...siapa yang nggak pernah absen pesan kentang goreng ketika lagi nongkrong di restoran cepat saji? Emang enak sih! Tapi ingat ya, di balik rasa gurih dan lezatnya, ternyata banyak mengandung lemak jahat serta natrium yang jadi musuh bebuyutan jantung kamu.

5. Keripik kentang dan pop corn

6 Makanan lezat yang mengancam kesehatan jantung, waspada!

Nonton itu bakalan jadi kegiatan nggak asyik kalau mulut nggak sambil ngunyah. Nyemil pop corn atau keripik kentang emang paling joss deh sebagai teman nonton. Tapi jangan salahkan siapa-siapa ya kalau jantungmu sakit karena kebanyakan sodium serta lemak trans yang mengerikan itu?

6. Daging merah

6 Makanan lezat yang mengancam kesehatan jantung, waspada!

Kayaknya daging merah jadi makanan paling sedap dan paling susah disuruh berhenti deh. Tapi catat baik-baik nih, makanan lezat ini punya kandungan kolesterol yang tinggi serta lemak trans yang bisa bikin jantungmu bekerja ekstra keras untuk memompa darah. Apalagi kalau pembuluh darah mengalami penyempitan akibat penimbunan tersebut.