Brilio.net - Penelitian tentang manfaat minum air putih ini berasal dari kisah Dr Fereydoon Batmanghelidj, dokter yang sempat mendekam dipenjara karena masalah politik di Iran 17 tahun yang lalu. Sebagai seorang dokter tentunya keahlian yang dia miliki hanyalah bagaimana merawat pasien dan menyembuhkan penyakitnya. Dan saat di penjara otomatis dokter Batmanghelidj tidak dilengkapi alat-alat medis yang lengkap, kecuali air.

Dilansir dari themindunleashed.org, Rabu (6/5), selama di penjara dokter ini berhasil menyembuhkan 3.000 narapidana dari penyakit yang mereka derita. Dan setelah masa tahanannya berakhir, dia memutuskan untuk melakukan penelitian terkait bahaya dehidrasi. Dan penemuannya ternyata dapat membantu ribuan orang untuk menyembuhkan penyakit mereka.

Jadi sebenarnya apa saja sih manfaat yang dapat diberikan oleh air pada kita, terutama jika mengonsumsinya sesaat setelah kita bangun di pagi hari? Berikut ada lima manfaat dari rutin minum air di pagi hari yang dilansir dari themindunleashed.org.

1. Menyeimbangkan sistem saluran getah bening
Seperti yang kita tahu bahwa kelenjar getah bening berguna untuk membantu seseorang menjalankan aktivitas sehari-hari, menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh, dan menangkal infeksi.

2. Mencerahkan kulit
Air dapat membantu mengurangi kadar racun dalam darah yang nantinya dapat membuat kulit lebih terlihat bersih dan bercahaya.

3. Membantu diet
Dengan minum cukup air dingin di pagi hari, metabolisme tubuh seseorang akan bekerja 24% lebih baik.

4. Bermanfaat bagi otot dan darah
Rutin mengonsumsi air tiap pagi akan mempercepat produksi sel darah dan juga sel otot yang baru dalam tubuh seseorang.

5. Bermanfaat bagi usus besar
Membiasakan konsumsi air mineral setiap pagi dalam kondisi perut kosong dapat menjernihkan usus besar sehingga nutrisi makanan dapat diserap lebih baik oleh tubuh.