Brilio.net - Ada banyak cara untuk memaknai kehidupan, salah satunya dengan berbagi ke sesama. Seperti yang dilakukan Brigadir Nur Ali Suwandi, anggota Polda DIY yang sekaligus pendiri Yayasan Yatim Bumi Damai. Bertahun-tahun mengabdikan hidupnya untuk sosial, Nur Ali rutin melakukan kegiatan bakti sosial di sela kesibukannya sebagai polisi.

Seperti baru-baru ini. Bersama Bimbingan Masyarakat (Binmas) dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda DIY, serta Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta (appky), Nur Ali mengadakan bakti sosial dan bakti kesehatan di Desa Karangtengah, Wukirasari, Imogiri, Bantul pada Jumat (14/12) kemarin. Bakti sosial dan kesehatan tersebut berlangsung di rumah Prabowo selaku Dukuh Karangtengah.

 Baksos Yayasan Bumi Damai dan Polda DIY  © 2018 brilio.net

foto: doc. pribadi

Kegiatan baksos dan kesehatan tersebut diikuti masyarakat fakir miskin, jompo & dhuafa sekitar 75 orang. Tak hanya memberikan bantuan berupa sembako bagi masyakarat, Nur Ali juga mengadakan pengecekan kesehatan bagi para lansia yang dibantu dokter Arda dan empat tenaga medis dari Biddokkes Polda DIY.

Sembako yang dibagikan dalam kegiatan baksos tersebut berupa makanan ringan, detergen dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Kegiatan baksos ini bukan kali pertama diadakan pria yang akrab disapa Pak Ali ini. Ali sudah menjalan kegiatan baksos ini selama dua tahun lebih setiap hari Jumat, dengan menyambangi desa-desa di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 Baksos Yayasan Bumi Damai dan Polda DIY  © 2018 brilio.net

foto: doc. pribadi

Tak hanya dilakukan bersama tim dari Yayasan Yatim Bumi Damai, Polda DIY juga kerap berkontribusi dalam kegiatan baksos tersebut jika tidak ada kegiatan. Selain merupakan kegiatan rutin, bakti sosial dan kesehatan ini juga bertujuan untuk memberikan kebahagiaan bagi sesama.

"Masyarakat biar merasa tentrem ayem. Pokoknya saya pinginnya bisa memberikan kebahagiaan walaupun yangg kami berikan tak seberapa," ungkap Ali pada rilisnya yang diterima brilio.net, Sabtu (15/12).

 Baksos Yayasan Bumi Damai dan Polda DIY  © 2018 brilio.net

foto: doc. pribadi

Tak hanya sekadar melakukan kegiatan bakti sosial dan kesehatan untuk berbagi kebahagiaan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjaga tali silaturahmi dan kerukunan antar warga Desa Karangtengah, Imogiri, Bantul. "Ibu-ibu atau bapak-bapak yang jompo kami kumpulkan jadi satu di setiap kegiatan. Karena biar mereka bisa saling silaturahmi sama tetangganya dan menjalin kerukunan," tambah Ali.

Berlangsung selama tiga jam, kegiatan tersebut berlangsung lancar. Selain diisi kegiatan bagi-bagi sembako dan pengecekan kesehatan, kegiatan tersebut juga diisi interaksi dari para anggota polisi dari Polda DIY dengan masyakarat.