Brilio.net - Produsen otomotif asal China, Wuling Motors (Wuling) baru saja meluncurkan produk terbaru, Almaz RS yang mengusung mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.500cc turbocharged. Nah mobil ini digadang-gadang sebagai mobil cerdas yang membuat pengemudi mendefinisikan ulang dalam berkendara.

“Seiring dengan perkembangan teknologi, kami ingin menghadirkan kendaraan yang tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mobilitas, namun juga memberikan kemudahan dalam berkendara bagi penggunanya,” ujar James Wu, Chief Financial Officer of Wuling Motors saat peluncuran, Senin (29/3/2021). 

Wuling Almaz RS © 2021 brilio.net

Diklaim sebagai mobil cerdas karena SUV ini didukung teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS). 

IoVdapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan dan dapat mengakses online navigation, online music, dan internet messaging app melalui aplikasi MyWuling+ dan head unit yang didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

Loading...

Wuling Almaz RS © 2021 brilio.net

Kehadiran inovasi IoV memungkinkan pengguna melakukan berbagai kendali serta mengetahui lokasi kendaraan sehingga rasa aman dapat selalu terjaga.

“Pengguna juga dengan mudah bisa memberikan perintah suara untuk mengakses fasilitas navigasi, musik, serta berkirim pesan,” ujar Suhendri Laiman, Product Planning Wuling Motors.

Sementara ADAS hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan selama berkendara. Di mana teknologi ini terbagi dalam empat kategori, yaitu adaptive cruise, lane recognition, safe distance & braking assistance, dan automatic light.

Wuling Almaz RS © 2021 brilio.net

Perihal penggunaan fitur WISE, Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko menyampaikan, harus digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Setiap pengguna produk ini hendaknya memahami prosedur dan batasan pengoperasian WISE sebelum berkendara dengan menggunakan buku manual sebagai referensinya.

“Teknologi ini disajikan untuk memberikan kemudahan dalam berkendara, namun pengemudi tetap harus mengawasi dan mengontrol kendaraannya setiap saat demi menjaga keselamatan,” kata Danang.

Wuling Almaz RS © 2021 brilio.net

Wuling juga memberikan pembaharuan pada tampilan head unit 10,4 inchi touchscreen Almaz RS serta menambahkan beberapa fitur lain yang dapat dikendalikan melalui perintah suara WIND.

Seperti pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

Wuling Almaz RS © 2021 brilio.net

SUV ini diluncurkan dalam dua varian, yakni EX dan Pro dengan pilihan konfigurasi bangku 5-seater dan 7-seater. Ditawarkan dalam lima pilihan warna, yakni Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Starry Black, dan Carnelian Red. Sedangkan untuk Almaz RS Pro, terdapat pilihan warna yang terdiri dari Pristine white with black roof, Carnelian Red with black roof, Dazzling Silver with black roof, Aurora Silver with black roof, dan Starry Black.