Brilio.net - Sekitar 6000 orang yang terdiri dari personel TNI, PNS, Dharma Pertiwi hingga pelajar berkumpul di Pangkalan Udara (Lanud) Adisucipto, Yogyakarta pada Selasa (4/9). Sejak pukul 05.00 WIB mereka berkumpul di Apron Shelter Delta untuk bersama-sama memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) tari Gemu Famire.

Pemecahan rekor MURI pagelaran tari Gemu Famire ini diselenggarakan untuk menyemarakkan hari ulang tahun TNI yang ke-73. Tak hanya di Jogja, kegiatan serupa digelar serentak di berbagai kota Indonesia. Untuk itu TNI berhasil memecahkan rekor tari Gemu Famire ini di tiga zona waktu yang berbeda. Tak hanya itu, tari gemu famire ini juga dilaksanakan serentak di markas TNI seluruh Indonesia. Total peserta mencapai 305.000 orang.

Penyerahan piagam penghargaan rekor MURI ini diterima langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Jakarta. Selain itu, sang pencipta lagu tradisional Gemu Famire, Frans Cornelis Dianbunda juga turut hadir dalam acara di Ibu Kota.

Dalam pelaksanaan di Jogja, dihadiri Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko, Gubernur Akmil Mayjen TNI Eka Wiharsa, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Tedi Rizalihadi, Wagub AAU, Kapolda DIY, dan Danlanal DIY dan sejumlah pejabat lainnya di Jajaran TNI dan Polri.

"Ini sebetulnya bertujuan untuk menghargai sebuah karya anak bangsa kemudian mengangkat budaya lokal, dalam hal ini budaya Indonesia timur. Mudah-mudahan ini meningkatkan gairah kepada anak-anak muda pencipta lagu daerah yang bisa mengangkat nama daerah sekaligus nama Indonesia," ujar Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto kepada brilio.net di Lanud Adisucipto, Selasa (4/9).

Loading...

Tak hanya pagelaran tari dengan peserta terbanyak, masih ada rangkaian acara yang bakal digelar untuk memperingati hari ulang tahun TNI yang ke-73 ini. Wuryanto mengatakan, acara tersebut nantinya akan diselenggarakan di Pulau Sabang dan Merauke.

Berikut ini beberapa potret keseruan acara pemecahan rekor MURI pagelaran tari Gemu Famire dengan peserta terbanyak.

1. Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun TNI ke-73, 6000 ribu peserta pagelaran tari Gemu Famire berkumpul di Lanud Adisucipto sejak pukul 05.00 WIB.

rekor muri tni gemu famire © 2018 brilio.net

foto: brilio.net

2. Acara ini juga digelar serentak di beberapa kota Indonesia dan memecahkan rekor MURI sebagai pagelaran tari Gemu Famire dengan peserta terbanyak.

 

A post shared by nurfatimah (@amelia_nf96) on

3. Piagam penghargaan rekor MURI ini diterima langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Jakarta.

rekor muri tni gemu famire © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@tni_angkatan_darat

4. Ini lho bentuk piagam penghargaan rekor yang berhasil dipecahkan oleh TNI.

rekor muri tni gemu famire © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@rmalsi