Brilio.net - Tentu merupakan hal yang penting untuk mengatur dan mengelola rencana liburan dengan baik sebelum berangkat. Perencanaan yang matang memungkinkan pemastian ketersediaan akomodasi, transportasi, dan aktivasi yang diinginkan, menghindari potensi masalah terkait keterbatasan dan kehabisan tempat.

Perencanaan liburan yang baik memungkinkan pengelolaan anggaran dengan lebih efisien. Dengan menyusun rencana yang jelas, dapat menghindari pengeluaran yang tidak terduga atau berlebihan yang mungkin terjadi. Hal tersebut mengatur pengendalian keuangan selama liburan. Tentu yang tidak kalah penting adalah rencana mampu memfasilitasi pengaturan waktu dengan efisien.

Salah satu orang yang melakukan perencanaan ketika hendak liburan adalah wanita ini dengan keluarganya. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @menonges. Unggahan itu pun menjadi perhatian karena cara pengaturannya yang unik.

Awal video memperlihatkan foto seorang bapak-bapak paruh baya. Ternyata itu adalah gambar ayah dari pemilik video. Di caption diketahui bahwa sang ayah merupakan seorang planner. Yang mana dalam konteks video ini, sang ayah lah yang bertugas mengatur rencana liburan.

ayah planning pakai excel © TikTok

foto: TikTok/@menonges

Namun ayah itu mengaturnya dengan cara yang tak biasa. Di sinilah letak uniknya. Ia membuat rencana full menggunakan excel, sebuah soft ware yang biasanya untuk kerja kantoran. Bahkan jadwal dan lain sebagainya lengkap tersusun rapi di excel

"Semuanya harus excel," tulis wanita tersebut di caption.