VOC perusahaan terbesar sepanjang sejarah © 2022 berbagai sumber

VOC perusahaan terbesar sepanjang sejarah
Twitter/@Harshal76035310

1. Perusahaan Hindia Belanda menguasai pasar.

Selama 200 tahun, perusahaan Hindia Timur Belanda memonopoli banyak pasar, termasuk kopi, teh, tembakau, sutra, porselen, rempah-rempah, dan sendawa. Selain mendapatkan monopoli atas produk-produk tersebut. Mereka juga menciptakan sistem perdagangan yang efisien dan memungkinkan mereka untuk memindahkan barang dengan cepat antar negara dengan kerugian minimal.

2. Kekuatan militer.

VOC membentuk kekuatan militer pribadinya untuk melindungi kepentingannya dari perompak atau pesaing lainnya. Ini termasuk pasukan darat dan armada kapal yang dilengkapi dengan meriam dan senjata lainnya.

Kekuatan militer swasta ini berhasil melindungi kepentingan VOC dan memungkinkan mereka memperluas jaringan perdagangan lebih jauh.

3. Inovasi Sistem Keuangan

VOC juga mengembangkan sistem keuangan inovatif yang membantu mereka mengelola kekayaan dengan lebih efektif. Mereka adalah salah satu perusahaan pertama yang menerbitkan saham dan obligasi, yang memungkinkan mengumpulkan modal dengan cepat sambil mempertahankan kendali atas keuangannya.

Kekayaan VOC jika dibandingkan dengan perusahaan modern.

VOC perusahaan terbesar sepanjang sejarah © 2022 berbagai sumber

VOC perusahaan terbesar sepanjang sejarah
Twitter/@Harshal76035310

Perusahaan Hindia Timur Belanda mengandalkan sumber daya fisik, seperti kapal untuk mentransfer barang dari banyak pelabuhan geopolitiknya, perusahaan modern tidak dibatasi jarak fisik atau sumber daya. Pasalnya, perusahaan modern memanfaatkan teknologi digital untuk kolaborasi global yang menjangkau jarak yang sangat jauh. Tak hanya itu, perusahaan modern juga memanfaatkan teknologi seperti cloud computing dan robotika, sehingga dapat lebih cepat dan efisien.

Namun, tetap saja pada 1600-an kekayaan VOC mencapai 78 juta gulden yang jika disesuaikan dengan nilai saat ini setara dengan US$ 7,9 triliun. Kalau dikonversi ke dalam rupiah (US$ 1 = Rp 14.000), angkanya mencapai Rp 110,6 kuadriliun atau lengkapnya Rp 110.600.000.000.000.000 ,-.

Angka yang fantastis, karena tidak hanya lebih kaya dari perusahaan-perusahaan top dunia, tetapi juga lebih besar dari produk domestik bruto (PDB) Jepang, dan tujuh kali PDB Indonesia pada 2019.

Besarnya kekayaan yang dimiliki, membuat VOC sempat diperbincangkan sebagai perusahaan terkaya pada masa itu. Tak hanya memiliki keuntungan uang yang banyak, VOC juga mempunyai lebih dari 150 kapal dagang, 40 kapal perang, dan pembayaran dividen 40% dari investasi awal. Selain itu, VOC memiliki lebih dari 50.000 karyawan, yang kala itu termasuk besar jumlahnya.

Sisi gelap Perusahaan Hindia Timur Belanda

VOC perusahaan terbesar sepanjang sejarah © 2022 berbagai sumber

VOC perusahaan terbesar sepanjang sejarah
Twitter/@Harshal76035310

Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) sangat memengaruhi ekonomi dan perdagangan global selama periode perdagangannya dari 1602 hingga 1798. Menetapkan rute perdagangan dan menciptakan monopoli, VOC berkontribusi pada prestasi global dalam eksplorasi dan penemuan ilmiah. Namun, tidak semuanya cerah dalam masa hidup perusahaan ini, laporan menceritakan kisah tentang kebrutalan, penyiksaan, dan perbudakan di antara praktik-praktiknya.