Brilio.net - Keberagaman bahasa di Indonesia memang mengagumkan. Setiap daerah punya bahasanya sendiri yang unik dan khas. Salah satu bahasa daerah yang cukup populer yakni bahasa Jawa.

Beberapa kata dalam bahasa Jawa memiliki kesamaan dengan bahasa Indonesia. Meski termasuk salah satu bahasa daerah, tapi dalam bahasa Jawa sendiri ada beragam istilah yang spesifik lho.

Untuk mendeskripsikan satu situasi saja, ada banyak kata yang bisa digunakan. Misalnya nih, untuk mengungkapkan kata 'jatuh' dalam bahasa Jawa ada banyak banget istilahnya.

Biasanya, istilah ini disesuaikan dengan situasi atau posisi jatuh seseorang. Beda posisi, beda juga cara mendeskripsikannya dalam bahasa Jawa.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kamu nggak bakalan nyangka deh, seberapa banyak istilah dalam bahasa Jawa buat mendeskripsikan posisi jatuh. Yang umum didengar aja jumlahnya bisa lebih dari 15 istilah lho. Belum lagi di daerah tertentu biasanya ada istilah-istilah lain yang mungkin nggak pernah kamu dengar sebelumnya. Apa aja ya kira-kira arti 'jatuh' dalam bahasa Jawa?

Berikut 17 arti 'jatuh' menurut bahasa Jawa yang detailnya ngalahin bahasa Inggris, seperti dilansir brilio.net dari Jurnal DEKAVE Vol. 7, No. 2, 2014, 'Tembung lan Gambare Kamus Visual Ragam Diksi Bahasa Jawa tingkat Ngoko', karya Mas Edi Jatmiko, yang didapat melalui postingan akun Twitter @lantip, Minggu (12/9).

1. Istilah ambruk mungkin sering kamu jumpai juga dalam bahasa Indonesia.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

2. Kalau keblekok ini merujuk pada situasi jatuh yang lebih spesifik.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

3. Kejeglong dalam bahasa Jawa juga memiliki makna tersendiri nih.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

4. Kata yang satu ini mungkin terdengar asing, tapi punya makna yang lebih detail.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

5. Keblender merujuk pada situasi terjatuh karena menginjak benda yang mudah bergerak.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

6. Kamu pernah jatuh dalam posisi kaki terbuka lebar? Ini istilahnya dalam bahasa Jawa.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

7. Istilah kejlungup sering banget nih, diucapkan dalam bahasa Jawa.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

8. Untuk mendeskripsikan situasi jatuh karena terjerat tali juga ada beberapa istilah, salah satunya kejiret.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

9. Kejegal ini punya arti jatuh akibat dihalangi oleh kaki orang lain secara sengaja.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

10. Kata ngglundung ini digunakan buat mendeskripsikan posisi jatuh yang bikin kamu terguling-guling.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

11. Kamu pernah jatuh ke arah depan dengan tubuh terseret? Dalam bahasa Jawa disebutnya ndlosor.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

12. Kalau nggeblak ini artinya jatuh ke belakang, biasanya sih karena syok.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

13. Jatuh ke belakang kalau situasinya terlempar gitu disebutnya kontal.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

14. Beda dengan kejiret, kalau kesrimpet adalah jatuh karena kaki bagian bawah tersangkut benda tertentu yang umumnya lentur.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

15. Kamu pernah dengar istilah ndoprok? Begini artinya dalam bahasa Jawa.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

16. Kesandung dalam bahasa Jawa artinya jatuh karena kaki bagian bawah terhambat oleh benda tumpul.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

17. Kepleset mungkin juga sering kamu dengar dalam bahasa Indonesia, artinya menginjak benda yang licin.

arti jatuh dalam bahasa Jawa detail banget © 2021 twitter.com

(brl/gib)