Informasi itu diketahui setelah seorang pria melakukan wawancara singkat di kelulusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.

25 tahun s3 © TikTok

foto: TikTok/@umsofficialid

"Nama saya Syifa Rana. Sekarang saya domisilinya di Surakarta, Banjarsari. Kemudian umur saya 25 tahun," ungkap Syifa saat diminta perkenalan.

Ketika Syifa menyebutkan umurnya, pria yang mewawancara berkata bahwa dia tidak sendirian. Ada yang senasib dengannya karena baru lulus S1 di usia 25 tahun.

"Weh, 25 baru lulus S1? Berarti ada temennya saya, ya." ungkap pria tersebut.

25 tahun s3 © TikTok

foto: TikTok/@umsofficialid

Syifa yang mendengar kata-kata pria itu seketika tertawa simpul. Dia kemudian mengklarifikasi kalau dirinya bukan lulusan S1 tapi sudah S3.

"Haha, maaf mas saya S3," kata Syifa singkat.

Menilik akun TikTok-nya Syifa di @xivdixy, Syifa lulus Sarjana Hukum pada usia 20 tahun, kemudian S2 Kenotariatan lulus pada usia 22 tahun, dan terakhir S3 Ilmu Hukum pada usia 25 tahun.

Dengan begitu, Syifa Rana Tsary didapuk sebagai wisudawan termuda sebanyak 3 kali sejak pertama dia lulus S1 sampai S3. Sekarang Syifa bekerja sebagai dosen di Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

25 tahun s3 © TikTok

foto: TikTok/@umsofficialid

"usia 25 tahun udah jdi Dr Aku usia 23 tahun belum lulus jdi sarjana ," kata @meyda.

"Insecure yang sesungguhnya, smoga nular pendidikannya," komentar A M I T A .

"padahal aku kemaren juga wisuda tapi baru ngeh kalo mbak nya umur 25 udah S3," timpal @Viernanda_Dhyv.

@umsofficialid Emang boleh lulus secepat itu? Lulus Program Doktor di usia 25 tahun. #UMSurakarta #GenMu #Unggul #Mencerahkan #Mendunia #Muhammadiyah #umssurakarta suara asli - UMS Surakarta