Uang rupiah ini biasanya dibeli untuk keperluan koleksi. Tapi, uang tersebut tetap merupakan alat transaksi yang sah digunakan di Indonesia, meskipun uang ini memang sangat terbatas untuk kolektor. Kamu bisa mendapatkan uang ini di konter Bank Indonesia terdekat dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

"Itu Uang asli bersertifikat..... bisa saja dipotong untuk dibelanjakan... tapi sayang banget... karena diedarkan sangat terbatas untuk Kolektor," tulis pengunggah video.

Salah satu persyaratannya adalah membawa kartu identitas, membawa uang pas, berpakaian rapi, tidak membawa senjata tajam dan tentunya mematuhi protokol kesehatan. Setiap pembelian uang plano ini bisa dilakukan di loket Bank Indonesia dengan terlebih dulu datang dan mengambil antrean.

uang rupiah sebesar koran © berbagai sumber

foto: TikTok/@boyg.rahman

Besaran harga Uang Rupiah Khusus ini juga beragam. Tergantung dengan banyaknya lembaran serta jenis pecahan yang dipilih. Warganet yang melihat postingan tersebut pun heran dan meninggalkan beragam komentar nih.

"definisi ngga ada uang kecil yang sesungguhnya ," tulis akun @oneofpja.

"oh ini definisi " gda uang, uangnya belum di potong"," komentar akun @anak nya ibu.

"uang Uncut yg memperagakan adalah senior numismatik Surabaya salam om dari Padang," kata akun @rio_nuari.

"jadi ke masa kecil kalo minta uang ke ortu jwb nya belom di potongin, begini rupanya uang yg belom di potongin," ungkap akun @Ary Wahyu J.