Brilio.net - Indonesia terdiri dari pulau-pulau indah dengan masing-masing kebudayaan yang tersimpan. Salah satunya yaitu keberagaman bahasa. Salah satu bahasa daerah di Indonesia yang populer dan memiliki penutur hingga jutaan orang adalah Bahasa Jawa.

Seiring perkembangan zaman, sudah mulai jarang anak muda yang mau mempelajari budaya tradisional secara mendalam. Tapi siapa sangka ternyata masih ada orang yang mau menggunakan bahasa daerah di dalam kehidupan modern. Sebab, belum lama ini viral sebuah surat ucapan ulang tahun menggunakan Bahasa Jawa yang isinya super romantis.

Dari foto yang diunggah oleh akun Twitter @askmenfess, tampak secarik kertas penuh tulisan aksara Jawa. Surat yang tidak disebutkan siapa pembuatnya ini diduga ditujukan untuk seseorang yang spesial.

Melihat dari hanya aksaranya saja, tentu tidak semua orang bisa membacanya. Jangankan orang yang bukan berasal dari Jawa, orang asli Jawa sendiri belum pasti bisa membaca aksara itu secara benar.

viral surat ultah aksara jawa © Twitter/@askmenfess

Loading...

foto: Twitter/@askmenfess

Usai diunggah oleh akun @askmenfess, unggahan itu pun mendapat banyak respons dari warganet. Banyak yang mencoba untuk memecahkan teka-teki itu. Salah satunya akun @magetanbanget. Akun ini memberikan terjemahan kata per kata dari aksara tersebut.

Setelah dijelaskan, akhirnya terungkap kalau surat itu ditujukan untuk seorang teman baik yang sedang ulang tahun. Namun nggak cuma sekadar memberi selamat, sang pengirim merangkai kata-kata indah di balik misteri dari aksara Jawa tersebut.

Seperti yang telah diterjemahkan, sepertinya si pengirim ini sangat bersyukur bisa punya teman baik dan juga cantik. Pada akhir surat ia mengungkapkan, cepat atau lambat ia dan sahabatnya ini pasti bakal berpisah. Ia pun memohon untuk jangan pernah lupakan pertemanan baik yang sudah terjalin selama ini.

"Selamat ulang tahun cantik, makasih sudah menjadi teman baikku selama ini, aku suka setiap bersamamu, tapi cepat atau lambat kita pasti akan jauh, ku mohon jangan lupakan aku, karena aku menyukaimu dari Magelang sampai Banjarmasin," bunyi surat tersebut usai diterjemahkan.

Usai cuitan tersebut viral di media sosial, banyak tanggapan yang datang dari warganet. Ada yang kagum dengan si pengirim dan isi surat yang romantis, ada yang gagal fokus mengira aksara Thailand, ada juga yang tersadar kalau selama ini banyak orang yang telah melupakan budaya daerah.

"ANJIR GUE KIRAIN EMG THAILAND," tulis akun @smootae_.

"Yampun malu aku keturunan jawa gatau aksara jawa," kata akun @yulxolow.

"Yaallah sbg orang jawa aku merasa gagal," ungkap akun @aku_siapa_ya_.