Brilio.net - Bagi seorang ibu yang masih punya hasrat meneruskan pendidikannya, tentu merupakan tantangan yang berat. Apalagi jika memiliki bayi. Ia harus memutar otak bagaimana bisa membagi waktu sebagai seorang ibu yang punya bayi, istri, sekaligus mahasiswi.

Terkadang karena kondisi, beberapa mahasiswi ada yang harus membawa anaknya ke dalam kelas. Biasanya keputusan ini bakal mendapat pertentangan dari dosen dan juga teman-teman kelasnya. Namun sikap dosen bernama Abdul Gaffar Karim belum lama ini mendapat seribu pujian warganet.

Dosen yang saat itu sedang mengajar kelas pascasarjana Universitas Islam Indonesia (UII) ini mempersilakan salah seorang mahasiswinya untuk membawa sang anak ke dalam kelas. Bahkan pria yang juga dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM) ini ikut menggendong anak dari mahasiswinya tersebut.

Abdul Gaffar menuliskan kisah ini pada postingan Facebook pribadinya. Ia mengungkapkan saat itu ada salah satu mahasiswi yang meminta izin untuk bisa presentasi duluan. Mahasiswi itu menyebut sedang buru-buru karena harus mengurus anaknya yang menangis di luar kelas.

dosen persilahkan mahasiswi bawa anak © Facebook/agkarim

foto: Facebook/agkarim

Mendengar alasan mahasiswinya itu, Abdul Gaffar langsung bereaksi. Ia mempersilakan anak didiknya itu untuk membawa anaknya masuk saja ke dalam kelas. Dosen ini menyebutkan, sang anak punya hak untuk berada di dekat ibunya.

"Lah, bawa saja masuk ke sini. Ikut di kelas. Itu adalah hak dia untuk bersamamu. Kita buat kelas ini ramah anak," ujar Abdul Gaffar, seperti brilio.net lansir dari postingannya pada Jumat (13/12).

Meski demikian, mahasiswi yang tidak disebutkan namanya ini enggan untuk membawa anaknya ke dalam. Perempuan itu takut nanti mengganggu kenyamanan kelas. Tapi alasan itu dibantah oleh Abdul Gaffar.

"Soal keganggu itu pasti. Tapi keganggu-keganggu dikit, tidak masalah toh. Sana bawa masuk," katanya.

Akhirnya mahasiswi ini keluar kelas untuk mengambil anaknya. Ia pun dipersilakan untuk presentasi duluan. Saat ibunya presentasi, anak bayi yang ditaksir usianya 3-4 bulan ini kemudian digendong Abdul Gaffar. Dosen itu pun dipotret saat sedang menggendong bayi di tengah kelasnya. Kemudian foto dan curhatannya itu viral di media sosial.

"Lecturing and baby-sitting, why not. Seorang pendidik harus punya kendali penuh atas proses belajar bukan? PS. Belakangan baru aku tahu, gadis kecil ini adalah cucu Prof. Khoiruddin Nasution. Ijin Prof," tutupnya.

dosen persilahkan mahasiswi bawa anak © Facebook/agkarim

foto: Facebook/agkarim

Curhatan Abdul Gaffar itu pun mendapat reaksi salut dari warganet. Hingga kini postingan itu telah dibagikan lebih dari 1.000 kali. Sosoknya kemudian jadi bahan pembicaraan warganet di dunia maya.

"Masya Allah...dosen top..ramah anak..ramah pada pendidikan .. juara," tulis akun Heru Hes Setiyaka.

"Waaahh mas Dosen ini memang luar biasa.... salute," ungkap akun Pongky Arwendo.

"Superrr banget, Prof!" kata akun Bhakti Hariani.