Brilio.net - Bagi sejumlah dosen, terlambatnya sang mahasiswa ketika masuk kelas merupakan tindakan tak bisa ditoleransi. Secara tidak tertulis, lazimnya sih mereka akan memberikan batas waktu keterlambatan selama 10-15 menit di awal. Namun jika sudah melebihi dari waktu yang sudah ditentukan, maka tak ada lagi pemakluman.

Hal tersebut tentunya dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab, disadari atau tidak, mahasiswa yang datang terlambat dinilai dapat mengganggu jalannya perkuliahan. Meski begitu, pandangan tersebut tak berlaku bagi dosen perempuan asal Malaysia yang satu ini.

Lewat akun Twitternya @Nuneon1, seorang mahasiswa laki-laki mengunggah sebuah video yang memperlihatkan percakapan sang dosen dengan seorang mahasiswa yang memilih untuk absen karena bangun kesiangan melalui sambungan telepon.

Loading...

"Ketika dosen menyampaikan argumen telak pada mahasiswa yang ketiduran. HAHAHAHAH," tulisnya dikutip brilio.net dari akun Twitternya @Nuneon1, Kamis (8/8).

Pada video berdurasi 25 detik tersebut, terdengar bahwa sang dosen bertanya pada mahasiswanya, "Ada satu setengah jam lagi sebelum kelas berakhir. Rumahmu dekat kan?"

"(Sadarkah bahwa) pengetahuan (yang didapat) selama 5 menit saja akan bermanfaat bagimu untuk mengejar ketertinggalan di kelas. Kamu masih bisa masuk kelas. Tapi jangan terburu-buru. Kendarai sepedamu dengan hati-hati," tambah sang dosen.

Tak disangka, video tersebut pun dengan cepat menjadi viral. Hingga saat ini, ia telah dicuitkan ulang sebanyak lebih dari 20.000 kali dan disukai lebih dari 17.000 akun.

Tak ketinggalan, sebagian besar warganet pun mengungkapkan kesalutannya dan memuji tindakan sang dosen. Beberapa bahkan juga menilai bahwa sikap dosen tersebut baiknya dicontoh dosen-dosen lainnya.

"Ini baru yang disebut pendidik," tulis @_jibreil pada kolom reply di Twitter.

"Beruntunglah mahasiswa-mahasiswa beliau, mereka punya dosen yang baik, bijak, dan penyayang seperti ini. Bersyukurlah kalian memiliki dosen sepertinya. Respect," sambung @mar__diaz12.

"Kita butuh dosen seperti ini!" tulis @eeeiiann.