Brilio.net - Wabah virus corona yang tak kunjung usai membuat aktivitas masyarakat terganggu, terutama di sektor ekonomi. Apalagi setelah diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah wilayah membuat proses jual beli terhambat. Beberapa lini usaha di berbagai sektor mengalami kerugian.

Salah satu sektor yang terkena dampak karena wabah Covid-19 adalah pertanian. Sejumlah petani di beberapa wilayah harus mengalami penurunan hasil panen. Meski begitu, hal tersebut tak lantas membuat masyarakat melupakan untuk saling bantu. Seperti yang dilakukan para petani sayuran di Malang, Jawa Timur ini.

Meski mengalami kerugian akibat hasil panen yang menurun, para petani di Malang ini memilih membagikan hasil sayuran mereka ke pengguna jalan secara gratis. Video yang memperlihatkan aksi para petani tersebut pun viral di media sosial. Video tersebut pertama kali dibagikan oleh akun Twitter @cholikk pada Jumat (15/5).

Dalam video tersebut, para petani tampak berada di jalan raya dengan gerobak penuh sayuran. Sejumlah petani itu tampak membagikan sayuran kepada para pengguna jalan yang melintas di jalan raya.

Diketahui jika kejadian itu terjadi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur. Kabarnya para petani di Desa Kedungrejo terdampak virus Corona Covid-19 secara ekonomi. Akibatnya mereka tak dapat mendistribusikan hasil panen mereka.

Loading...

"Para petani di Desa Kedungrejo, Pakis - Malang ini juga terdampak pandemi shg komoditi hasil panen tdk bisa terdistribusi. Tp mereka mengajarkan empati, meskipun kondisi mereka tdk lebih baik dari yg mereka bantu," tulis akun @cholikk pada caption-nya seperti dikutip brilio.net, Sabtu (16/5).

Dalam video berdurasi 14 detik itu memperlihatkan beberapa petani saling melempar gulungan sayur lalu dibagikan kepada pengguna sepeda motor dan mobil. Tumpukan sayur yang tampak terlihat di pinggir jalan merupakan hasil panen mereka yang tidak bisa didistribusikan. Agar tak sia-sia, petani di Malang ini pun memberikannya secara gratis kepada pengguna jalan yang lewat.

Dari akun @cholikk ia menuliskan pula jika petani-petani tersebut sebelumnya membuang hasil panen mereka ke sungai. Hal itu lantaran mereka mengalami kerugian akibat pandemi Corona Covid-19.

Hingga kini, unggahan tersebut sudah disaksikan 734 ribu lebih, mendapat 618 reply dan 15,5 ribu retweet. Banyak warganet yang meninggalkan pujian bagi aksi petani-petani tersebut. Mereka dibuat salut dengan sikap para petani yang nggak lupa berbagi meski tengah mengalami kesulitan.

"Tidak dapat dipungkiri, dalam video ini terdapat dua hal, empati pada sesama, dan juga mungkin rasa sdkit putus asa karena apa yg mereka jual menurun drastis entah harga atau daya belinya. Smoga lekas pulih semua ekonomi dn kesehatan, Indonesia," tulis @ryanhendraawan.

"Emang bener yang namanya pahlawan tu ya salah satunya para petani," imbuh @luxefaaa.

"Inilah contoh2 org baik, walaupun mereka juga mengalami kondisi yang sulit, tetap berbagi dengan sesama," kata @Pitniayus.

"Semoga panjang rejekinya buat para pak tani bu tani yaa," timpal @DestianaMp.

"aku nangisss. semoga Allah kasih beribu ribu balasan rejeki yang lebih banyak buat mereka," ungkap @firdha_febriana.