Seperti pada video TikTok yang dibagikan akun @halohaiki, terlihat sebuah adegan yang memperlihatkan proses ijab kabul. Ada mempelai laki-laki dan perempuan, beserta seorang penghulu di depan mereka. Diketahui, bahwa praktik ini dilakukan sebagai tugas pelajaran PAI dan bahasa Sunda di SMAN 1 Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

praktik nikah sma © 2023 berbagai sumber

foto: TikTok/@halohaiki

Yang bikin unik adalah, proses tersebut terlihat seperti nyata. Mempelai wanita yang merupakan siswi kelas 12 tersebut berdandan menggunakan pakaian adat Sunda dan terlihat seperti pengantin sungguhan. Begitu juga dengan pengantin laki-lakinya.

"praktek nikah mapel PAI dan B.Sunda," tulis akun tersebut pada caption yang dikutip brilio.net, Rabu (6/12).

praktik nikah sma © TikTok

foto: TikTok/@halohaiki

Tak habis sampai di situ, terlihat dekorasinya pun sungguh totalitas abis. Ada pelaminan dan beberapa hiasan lainnya. Mereka juga menyiapkan cincin dan terlihat prosesi pemasangannya pada jari. Sangat terlihat so sweet, padahal cuma praktik anak SMA.

Pada video selanjutnya di akun yang sama, ternyata para pelajar itu juga mempelajari prosesi mengantar pengantin. Mempelai wanita diiringi dan digandeng tangannya oleh dua orang wanita yang berperan sebagai ibu-ibu.

praktik nikah sma © TikTok

foto: TikTok/@halohaiki

Video ini pun lantas menjadi perhatian netizen. Mereka beramai-ramai memberikan komentar terhadap praktik pernikahan totalitas tersebut. Ada yang mencibir tindakan para pelajar itu, namun ada juga yang memberikan komentar kocak.

praktik nikah sma © TikTok

foto: TikTok/@halohaiki

Sejak diposting hingga artikel ini ditulis, video di akun @halohaiki itu sudah ditonton 574 ribu kali. Selain itu, terdapat juga 32 ribu like dan 443 komentar.

"Gaya anak sekarang praktek nikah. Jaman saya dulu praktek sholat jenazah. Salam alumni SMAN 1 Cililin lulusan 2015," tulis akun @gelarfaisal16.

"Kenapa nggak langsung dihalalin. Mumpung semaunya disediakan sama sekolah," kata akun @hansemxnitzel.

"Awalnya cuma praktek nikah tapi masa depan bisa jadi kenyataan lo dan banyak," komentar akun @mazzrii06 menakut-nakuti.

"Praktik nikah PAI tapi kok boleh sentuhan," kata akun @misschclatte mencibir.

"Kira-kira ada manfaatnya nggak ya? Memang selepas SMA harus nikah gitu. pakai ada prakteknya," tulis akun @miraritchi bertanya.

 

@halohaiki

Praktek nikah kelas 12 kolaborasi mata pelajaran PAI dan B. Sunda

menyimpan rasa speed up - idk