Brilio.net - Berbagai macam alat transportasi tersedia di Indonesia untuk memudahkan aktivitas masyarakatnya. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, tentu diperlukannya sebuah alat transportasi.

Salah satu alat transoprtasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Tanah Air, yakni kereta api. Transportasi dengan bentuk memanjang ini memerlukan rel sebagai lintasannya. Tidak hanya itu saja, kereta api hanya dapat berhenti di sebuah stasiun.

Bagi para pecinta kereta api tentu stasiun sudah bukan tempat yang asing. Setiap stasiun kereta api pasti terdapat papan nama dari stasiun itu sendiri. Jika diamati secara jeli pada papan nama stasiun, pasti di bawahnya terdapat sebuah angka yang berbeda-beda dari stasiun satu dengan stasiun yang lainnya.

Lalu apa sih sebenarnya arti dan fungsi angka yang tertulis di bawah papan nama dari sebuah stasiun? Dilansir brilio.net dari akun Twitter @KAI121, Selasa (10/8) pihak Kereta Api Indonesia mengunggah sebuah video yang menjelaskan arti angka di bawah papan nama stasiun.

"Angka pada Papan Nama Stasiun. Pernah mengamati papan nama stasiun? Video ini akan menjawab rasa penasaranmu, tentang fungsi angka pada papan nama stasiun. Semoga menambah pengetahuanmu tentang dunia perkeretaapian ya! Salam sehat selalu, #SahabatKAI".

Dalam video tersebut Kepala Stasiun Besar Pasar Senen, Hendra Hindarsah menjelaskan secara langsung. Angka yang tertulis di bawah nama stasiun itu menunjukkan stasiun tersebut berada di atas permukaan laut.

ini arti angka di bawah papan nama stasiun © Twitter/@KAI121

foto: Twitter/@KAI121

Seperti contohnya pada angka +4,7 M yang tertulis di bawah papan nama stasiun Pasar Senen. Sehingga artinya angka itu menunjukkan bahwa stasiun Pasar Senen terletak 4,7 meter di atas permukaan laut.

Penjelasan dari pihak Kereta Api Indonesia ini pun menambah pengetahuan bagi para warganet. Pada unggahan Twitter @KAI121 ini pun ramai dengan respon warganet yang baru mengetahui arti angka tersebut.

"Oohh baru tau," balas akun @dika_arum14.


"WOW..... applause @KAI121 semakin mengedukasi , untuk rambu2 di sepanjang rel min. di tunggu ya," tulis @galethe.

Setelah terjawab rasa penasaran atas tulisan angka di bawah papan nama stasiun. Kemudian terdapat salah satu warganet yang penasaran dengan manfaatnya untuk apa.

"Trus kan penjelasnnya itu min di video. Lalu manfaatnya buat apa?" tanya @Lksmsnbxhznzm_1.

Salah satu warganet pun membantu menjelaskan terkait manfaatnya. Yakni untuk membantu mengetahui gradien atau kemiringan jalur antara stasiun yang satu dengan yamg lain. Karena masing-masing kereta memiliki batas kemampuan untuk melewati gradien jalur tertentu.

"Maaf bantu jawab, yg saya tahu untuk membantu mengetahui gradien atau kemiringan jalur antara stasiun yg satu dengan yg lain karena masing2 kereta memiliki batas kemampuan untuk melewati gradien jalur tertentu, cmiiw," jawab @davinhafizha.