×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Terbang 18 jam, rute pilihan pilot ini ternyata membentuk pola pesawat

View Image

0

BRILIO » Wow

Terbang 18 jam, rute pilihan pilot ini ternyata membentuk pola pesawat

Sekaligus sebagai penerbangan paling lama di dunia.

08 / 08 / 2017

Brilio.net - Langit begitu luas, tapi bukan berarti pesawat yang terbang bisa melintas sembarangan. Setiap penerbangan memiliki jalur tersendiri yang harus ditaati. Ada area-area yang dilarang dilintasi penerbangan.

Terkait jalur penerbangan ini, ada satu peristiwa unik di mana sebuah pesawat melintasi jalur yang tidak biasa. Pesawat jenis jet Boeing Dreamliner 787-8 itu terbang dengan lintasan yang membentuk pola khusus, yakni gambar pesawat. Penerbangan ini terjadi pada 3 Agustus 2017 di AS.

pola terbang Istimewa-Pesawat jet Boeing Dreamliner 787/foto: boeing.com

Pesawat ini menempuh jarak 9.755 mil, lebih jauh dari rute penerbangan paling jauh di dunia yakni 9.021 mil antara Auckland dan Doha, dikutip bbc.co.uk, Selasa (8/8). Artinya, pesawat tersebut sekaligus juga terbang dengan durasi paling lama di dunia. Dreamliner 787-8 ini menempuh perjalanan hampir 18 jam, tepatnya 17 jam 45 menit, lebih lama dibandingkan rekor penerbangan terpanjang saat ini yaitu 16 jam 10 dari Selandia Baru ke Qatar.

Loading...

Boeing menyatakan, penerbangan ini merupakan uji ketahanan dan daya jelajah untuk mesin baru pesawat yang digunakan Boeing, yakni Roll Royce. Meskipun penerbangan ini tidak mengangkut penumpang dan kargo, tapi tampaknya kinerja mesin menunjukkan hasil yang cukup oke. Pihak Boeing menyatakan bahwa Dreamliner 787-8 ini memang dirancang untuk bisa melayani penerbangan rute jarak jauh.

Pola yang dibentuk tersebut memiliki ukuran sangat besar, menjangkau wilayah udara 22 negara bagian di AS. "Titik bagian hidung berada di wilayah Puget Sound, tempat dari Boeing Commercial Airplanes. Bagian sayap membentang dari Michigan utara dekat perbatasan Kanada hingga Texas selatan. Bagian ekor menyentuh Huntsville, Alabama," demikian keterangan boeing.com. "Rencana penerbangan ini terlihat menggunakan situs pelacak penerbangan seperti Flight Aware."

pola terbang Istimewa

Seluruh rute penerbangan tersebut berada di dalam wilayah Amerika Serikat. Diawali dari markas Boeing di negara bagian Washington, penerbangan menyeberang daratan Amerika hingga ke Lake Superior. Setelah itu, pesawat mengikuti rute yang telah disetel menggunakan GPS hingga membentuk garis-garis gambar pesawat itu.

pola terbang Istimewa-Pesawat jet Boeing MAX 737/foto: boeing.com

Uji daya tahan ini bukan pertama kali dilakukan Boeing. Pada Februari 2017 lalu, Boeing menguji pesawatnya jenis MAX 737 dengan cara yang sama. Pesawat itu melakukan penerbangan berputar-putar di udara selama sembilan jam sejauh 619 mil dengan ketinggian 172 di atas negara bagian Washington dan Montana. Jalur yang dilalui pesawat itu ternyata membentuk tulisan 'MAX' di radar. Tulisan 'MAX' ini mencakup wilayah seluas 3.499 mil.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more