Brilio.net - Mencuci piring tentu sudah menjadi aktivitas harian yang dilakukan para ibu rumah tangga di rumah. Dipakai setiap hari untuk mencuci piring maupun membersihkan bahan makanan sebelum diolah tak hanya membuat permukaan tempat mencuci piring kotor, tetapi saluran pembuangan airnya juga ikut kotor. Selain kotor, sisa makanan dan kotoran pun banyak yang menempel membuat saluran wastafel jadi tersumbat dan beraroma tidak sedap.

Selain mengeluarkan aroma yang kurang sedap, saluran wastafel yang tersumbat juga bisa jadi tempat kuman dan bakteri berkembang biak lho! Jika dibiarkan, tak hanya air cucian piring yang tidak bisa dibuang dengan sempurna, tapi kuman bisa ikut mencemari area dapur kamu. 

Untuk mengatasi hal ini, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi saluran wastafel yang tersumbat tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Pengalaman seputar mengatasi wastafel tersumbat ini sempat dibagikan oleh seorang warganet di TikTok.

mengatasi saluran wastafel tersumbat © TikTok

foto: TikTok/@irvanjudamanik

Dari unggahan video di akun TikTok @irvanjudamanik, untuk mengatasi saluran wastafel sebenarnya sangat mudah. Bahkan, wastafel mampet tidak perlu diberi bahan seperti baking soda, soda api, air panas, ataupun lainnya. Melainkan, cukup memanfaatkan alat sederhana yang ada di rumah.