Sebagian orang biasanya memilih untuk membersihkan kerak ini dengan sejumlah bahan khusus seperti garam atau sabun. Kedua bahan ini dipercaya bisa mengangkat kerak gosong yang tebal sekalipun. Namun, ternyata ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan kerak gosong di setrika.

Seperti yang dibeberkan oleh pemilik akun di channel YouTube Aci Purwanto. Dilansir brilio.net pada Selasa (31/10), cara membersihkan kerak gosong di setrika ini hanya menggunakan satu jenis obat kimia. Bukan berupa cairan pembersih setrika, melainkan paracetamol.

bersihkan kerak gosong di setrika © YouTube

foto: YouTube/Aci Purwanto

Mungkin banyak yang belum tahu mengenai fungsi rahasia dari paracetamol selain penurun demam. Obat satu ini ternyata juga ampuh untuk membersihkan perabotan rumah tangga. Caranya, kamu cukup mengatur suhu setrika ke pengaturan panas tertinggi.

bersihkan kerak gosong di setrika © YouTube

foto: YouTube/Aci Purwanto

Kemudian, pegang tablet paracetamol dengan pinset dan secara hati-hati. Setelah itu barulah paracetamol digosok-gosokkan ke permukaan setrika. Kerak gosong tersebut tampak mulai lunak. Teruskan menggosoknya agar nodanya bisa rontok semua.

bersihkan kerak gosong di setrika © YouTube

foto: YouTube/Aci Purwanto

Barulah setelah itu kamu bisa menggunakan lap untuk bisa menyapu bersih kotoran yang rontok. Lakukan proses ini sampai permukaan setrika benar-benar bersih. Terakhir, lap lagi sampai permukaan setrika kering.

Selain jadi lebih bersih, metode ini juga aman dilakukan terus menerus, lho. Dengan cara ini, lapisan antilengket pada plat setrika tidak akan rusak atau mengelupas. Hal tersebut membuat setrika jadi lebih tahan lama digunakan.

"Barusan coba, terbukti ampuh merontokkan kerak pada setrika," kata akun @fakihikaf874.

Diantara cara yg pernah sy lihat,ini yg paling ampuh," ujar akun @farriskaikhsan258.

Terima kasih bang josss beneran bersih," tulis akun @nisa-if8ym.