Brilio.net - Banyaknya kegiatan yang dilakukan di luar ruangan secara langsung membuat kulit kamu terpapar sinar matahari, debu, dan polusi. Paparan yang terlalu sering ini menimbulkan sejumlah masalah bagi kulit, seperti wajah kusam dan berflek hitam. Paparan sinar UV diketahui dapat merusak kulit dan menyebabkan produksi melanin yang berlebihan. Hal ini dapat memicu munculnya flek hitam dan membuat kulit terlihat kusam. Sedangkan, paparan polusi udara ini memiliki partikel-partikel yang dapat meresap ke dalam pori-pori kulit. Ini menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit. Dampaknya dari kondisi tersebut kulit wajah terlihat lebih kusam dan berflek hitam.

Tak hanya disebabkan oleh dua faktor di atas, wajah kusam dan berflek hitam ini juga bisa timbul karena kurangnya perawatan. Salah satunya adalah tidak membersihkan kulit secara rutin dan kurangnya pengaplikasian pelembap. Tidak mendapatkan perawatan secara rutin membuat, kotoran dan partikel-partikel tersebut tidak terangkat dengan sempurna. Akibatnya tak hanya kulit kusam dan berflek hitam saja menghantui, namun komedo dan jerawat berisiko muncul.

Memberikan tampilan yang kurang menarik untuk dilihat, kamu bisa mencerahkan wajah kusam dan berflek hitam dengan menggunakan sabun wajah yang terbuat dari bahan dapur, seperti kunyit. Dilansir dari skinkraft.com, Senin (5/2) bahan dapur satu ini mengandung kurkumin, yang merupakan senyawa dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Kandungan tersebut juga bisa membantu mengurangi hiperpigmentasi dan memudarkan flek hitam.