Brilio.net - Memasuki usianya yang ke-29, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) menjadi ajang kesenian tahunan yang selalu dinantikan warga Yogyakarta. Pasalnya, tidak hanya puluhan pentas kesenian yang selalu memeriahkan acara tersebut, melainkan juga anek kuliner khas Indonesia yang selalu hadir menggugah selera.

Pada tahun 2017 ini, panitia FKY mengumumkan bahwa ajang tahunan ini akan dihelat mulai 27 Juli sampai 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Sewon, Bantul dengan mengusung tema 'Umbar Mak Byarr!'.

Dalam siaran pers yang diterima brilio.net, Senin (10/7), tema besar 'Umbar Mak Byarr!' ini bakal diwujudkan melalui seluruh kegiatan FKY 29. Hal ini sekaligus menjadikan FKY 29 sebagai sarana untuk mengekspresikan gagasan dari semua pihak yang berkontribusi di dalamnya, entah itu sebagai desainer, budayawan, pembuat acara, seniman, mau pun para pelaku pasar seni.

Harapannya FKY 29 bisa menjadi ruang festival di mana anggota masyarakat bisa sejenak melepas kepenatan sekaligus memperoleh kesegaran baru dan menjadi ruang kebudayaan yang diharapkan mampu memicu kreatifitas khas dan unik saat orang bermain-main di dalamnya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, FKY 29 tengah bersiap diri untuk menyambut antusiasme masyarakat terhadap ajang festival tahunan ini. Sampai tulisan ini diturunkan, rangkaian persiapan kegiatan FKY telah diumumkan ke publik melalui beberapa akun media sosial yang dikelola FKY.

Loading...

Rangkaian kegiatan yang sudah diumumkan termasuk open call Pameran Perupa Muda (Paperu) dan open call untuk perekrutan volunteer, penerimaan video-video untuk Bioskop FKY dan untuk Pendaftaran tenant/stand.

Kabar baiknya, FKY 29 tahun ini, panitia menyediakan 100 stand seni kreatif secara cuma-cuma alias gratis, bagi tenant yang memiliki produk kreatif dan telah lolos seleksi tim kurator. Jadi, bersiap-siaplah untuk menyabut ajang FKY tahun ini ya!