Brilio.net - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mencari lokasi pembangunan sirkuit balap. Program tersebut telah dianggarkan dengan dana mencapai Rp 2,37 miliar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul Eddy Praptono mengatakan pihaknya masih mencari lokasi yang akan digunakan untuk sirkuit pertama di Yogyakarta ini.

"Kami masih mencari lokasi yang cocok untuk sirkuit, tahun ini harus mendpaatkan lokasi sirkuit," katanya di Gunung Kidul, Rabu (22/2).

Ia mengatakan dana yang disediakan masih berupa pagu. Sedang untuk nilai pasti masih harus menunggu kajian dari tim appraisal.

"Anggaran pengadaan sudah tidak ada masalah, tetapi harganya tetap sesuai dengan tim aprisal," terangnya.

Eddy mengatakan pengadaan tanah untuk pembangunan sirkuit bagian dari program yang dimiliki di Dinas Pertanahan dan Tata Ruang.

"Selain sirkuit, tahun ini pemkab juga melakukan pengadaan tanah untuk kegiatan lain seperti pembuatan jalur wisata Saptosari-Ngrenehan dan Kemadang-Pantai Sepanjang," katanya.

Sementara Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno menyampaikan dukungan terhadap langkah pemkab dalam pengadaan tanah untuk sirkuit. Selama ini banyak potensi pembalap lokal.

"Banyak potensi pembalap yang berkiprah sampai tingkat internasional, tetapi latihannya ke luar Gunung Kidul," katanya.

Dengan adanya sirkuit, lanjut dia, diharapkan akan memajukan prestasi pembalap Gunungkidul. Ia berharap sirkuit itu segera terwujud.

"Mudah-mudahan semua bisa berlangsung lancar sehingga pembangunan sirkuit tidak mengalami kendala," pungkasnya.