Brilio.net - Tak akan ada orang yang meragukan kasih sayang orangtua, terutama kasih seorang ibu pada anaknya, karena memang ibu menyayangi anaknya dengan seluruh hidupnya. Kehilangan anak yang sudah meninggal tentu menjadi pukulan yang sangat berat bagi seorang ibu. Seperti kisah haru nan menyentuh tentang ibu asal Jambi, Hasnah yang mendaki gunung demi kenang kepergian sang anak.

Hal ini dilakukan oleh Hasnah karena ingin melihat tempat sang anak dan menantunya mengembuskan napas terakhirnya di gunung Dempo, terletak di Kota Pagaralam Sumatera Selatan. Sang anak dan menantu diketahui memang mengembuskan napas terakhir di puncak gunung Dempo.

Meski usianya tak lagi muda, Hasnah tampak terus berusaha mendaki hingga puncak gunung karena benar-benar ingin melihat tempat anaknya wafat, sekaligus memasangkan plakat satu tahun meninggalnya sang anak.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (2/11), dua pendaki bernama M Fikri (17) dan Jumadi (26) yang merupakan anak dan menantu Hasnah ditemukan tewas di bibir kawah gunung Dempo pada Sabtu, (2/11/2019) tahun lalu.

Dikutip brilio.net dari Instagram @jejak_pendaki, tampak potret Hasnah dengan beberapa anggota keluarganya mendaki gunung dengan jalur yang cukup ekstrem. Hasnah tampak mendaki dengan susah payah dan kerap mendapat bantuan dari anggota keluarga yang lain karena memang jalur yang dilalui sangat sulit.

Loading...

ibu mendaki gunung demi kenang almarhum anak Instagram

foto: Instagram/@jejak_pendaki

Niat Hasnah mendaki gunung ini akhirnya berakhir manis karena dia dapat sampai ke puncak gunung dan menunaikan niatnya untuk memasang plakat tertanda satu tahun meninggalnya sang anak.

"Sebuah perjuangan sosok wanita kuat, dengan penuh semangat untuk melihat tempat terakhir (almarhum Jumadi dan Fikri) yang menghembuskan nafas terakhir di puncak gunung Dempo 1 tahun silam," dikutip dari keterangan foto akun Instagram @jejak_pendaki

Hasnah dan keluarga memilih bibir gunung Dempo sebagai tempat pemasangan plakat peringatan satu tahun meninggalnya sang anak, karena sang anak dan sang menantu memang dikabarkan meninggal di bibir gunung Dempo.

"Alhamdulillah dengan semangatnya dan tujuan utama untuk memasangkan plakat memoriam kedua almarhum di puncak Gunung Dempo," tulis keterangan unggahan.

Unggahan ini menarik perhatian warganet dan menimbulkan berbagai respons dari warganet yang terharu dengan usaha Hasnah dan rasa sayangnya kepada sang anak, meski sang anak sudah pergi setahun lamanya.

"Semoga kita senantiasa diberikan keselamatan saat pendakian. Sabar ya Bu," tulis akun @ffendian

"Semoga sehat selalu ibu, juga almarhum semoga tenang di alam sana. Kejadian setahun lalu ya kalau nggak salah..." tulis akun @nolimit_adventure

"PANJANG UMUR SEHAT SELALU IBUUUU" tulis akun @hoomancuteee

"Semoga ibu dan sekeluarga juga tim yg membantu sehat selalu, dan dalam lindungan Allah SWT dimana pun berada.. Aamiin, dan semoga Alm di Terima disisi Allah SWT. Aamiin," tulis akun @putritmraa_