Brilio.net - Salah satu negara di Asia Tenggara yang sering menjadi destinasi pariwisata adalah Singapura. Negara ini berbentuk pulau kecil di bagian tenggara daratan semenanjung Malaya yang menjadi wilayah negara Malaysia.

Singapura adalah negara kecil dengan luas daratan utama sebesar 722,5 km persegi. Meski kecil, Singapura cukup diperhitungkan sebagai negara maju dengan pendidikan yang bagus, dan kesejahteraan yang cukup merata di antara penduduknya.

Selain itu, negara ini menjadi salah satu pusat perdagangan penting di Asia. Singapura memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan merupakan pusat pertukaran mata uang asing terbesar keempat di dunia setelah London, New York, dan Tokyo. Bahkan, Bank Dunia menempatkan Singapura pada peringkat hub logistik teratas dunia.

Namun, meski saat ini Singapura terlihat maju, negara ini punya cerita menarik untuk kamu ketahui lho. Nyatanya, Singapura awalnya malah tidak "berniat" untuk menjadi negara sendiri. Singapura menjadi negara sendiri lantara wilayahnya adalah wilayah "buangan" dari negara Malaysia.

Loh kok bisa? Langsung ada deh. Dirangkum brilio.net pada Selasa (10/1), berikut ulasannya.