Brilio.net - Kamu pasti masih ingat dengan kata-kata sandang, pangan, papan. Ya, ketiga itu merupakan kebutuhan primer atau pokok manusia. Seperti yang diketahui, sandang merupakan pakaian, pangan adalah makanan dan papan adalah tempat tinggal. Manusia akan kesulitan menjalani hidup jika satu dari tiga kebutuhan pokok itu tidak terpenuhi.

Dari ketiga kebutuhan primer tersebut, mungkin punya rumah atau tempat tinggal adalah yang paling berat. Sebab harga tanah yang makin tahun kian mahal membuat banyak orang lebih memilih tinggal di kos atau rumah kontrakan. Keputusan tersebut dirasa tepat sebab biaya yang dikeluarkan bisa lebih terjangkau.

Tapi kalau kamu nggak muluk-muluk pengen punya rumah yang besar, mungkin rumah kecil ini bisa jadi pilihan. Belakangan ini viral potret sebuah rumah mungil berukuran 1,3 meter x 10 meter. Dengan ukuran yang super kecil untuk sebuah rumah ini pun bikin heboh media sosial.

rumah ini cuma lebar 1 meter © Facebook/batdongsan.dongnai.hungthanh
foto: Facebook/batdongsan.dongnai.hungthanh

Diunggah oleh akun Facebook Bds Hung Thanh, rumah yang diduga ada di Vietnam ini berdiri kokoh. Di kanan, kiri, depan dan belakangnya juga terdapat rumah dengan ukuran normal seperti pada umumnya. Rumah kecil berwarna putih ini punya pintu pagar berwarna abu-abu.

Meski lebarnya cuma 1 meter, tapi rumah ini punya garasi lho. Tapi tentu saja garasi tersebut hanya bisa diisi oleh satu sepeda motor. Paling tidak, adanya garasi ini tidak membuat sang punya rumah parkir kendaraannya sembarangan.

rumah ini cuma lebar 1 meter © Facebook/batdongsan.dongnai.hungthanh
foto: Facebook/batdongsan.dongnai.hungthanh

Mungkin ungkapan jangan menilai buku hanya dari covernya ini tepat diberikan untuk rumah ini. Meski luarnya tampak sangat sederhana, desain dalamnya nggak sesimpel tampilan luarnya. Ternyata rumah ini nggak cuma punya satu lantai saja, pada potret di atas menunjukkan ada tangga yang bisa dinaiki untuk ke lantai dua.

Pada lantai dasar, sepertinya digunakan untuk ruang tamu ataupun ruang keluarga. Sebab di sana terlihat ada TV dan sound system yang bisa digunakan saat bersantai. Tidak diperlihatkan secara jelas apa yang ada di lantai 2. Tapi kemungkinan besar di sana terdapat kamar tidur.

rumah ini cuma lebar 1 meter © Facebook/batdongsan.dongnai.hungthanh
foto: Facebook/batdongsan.dongnai.hungthanh

Kalau dilihat dari ukurannya, tentu membangun rumah ini tidak harus mengeluarkan kocek yang dalam. Kamu tertarik untuk tinggal di rumah unik mainstream ini?

Sejak potretnya viral di Facebook, postingan tersebut sudah dibagikan lebih dari 9.000 kali. Warganet Indonesia juga tak ketinggalan memberikan komentar tentang rumah yang punya lebar hanya 1 meter ini.

"Penasaran sama ruangannya sama dapur," ujar akun Witha Shop.

"yg minimalis gini malah yg keren," ungkap akun Himawan.

"Asik tuh klo tggl sediri,, GK terlalu repot ngurus rumah," tulis akun Widy Jambak.