Brilio.net - Indonesia memiliki panorama yang cantik dengan dikelilingi savana dan pepohonan tinggi. Banyak tanaman endemik yang tumbuh subur di hutan-hutan yang ada di Indonesia. Beberapa tanaman yang tumbuh itu memiliki khasiat baik untuk tubuh dan ada pula yang beracun.

Dari sekian banyaknya tumbuhan endemik yang terkenal dengan khasiatnya, ada tanaman bernama Daun Jelatang atau bahasa ilmiahnya adalah Urtica Dioca. Daun ini sering kali tampak sebagai gulma di pekarangan.

Bicara soal Daun Jelatang, video yang diunggah oleh akun TikTok @azis.abdullah, memperlihatkan bagaimana jika seseorang terkena Daun Jelatang ini.

Respon warga lokal TikTok/@azis.abdullah

foto: TikTok/@azis.abdullah

"Kena daun ini bukanya gatal tapi lebih ke panas seperti kena bara api, kalau gak terbiasa kulit jadi bentol bentol kaya di gigit serangga." tulisnya, dikutip brilio.net dari @azis.abdullah, Minggu (21/4).

Daun Jelatang memiliki bentuk lebar, warnanya hijau dengan. Di permukaan daunya terdapat duri halus. Bila tertusuk durinya, bukan cuma rasa sakit yang dirasa, tetapi juga perih, sensasi terbakar, hingga warna merah di permukaan kulit.

Hal ini terlihat ketika mereka menempelkan daun ini dengan mengoleskan ke badannya. Terlihat teman pertama seorang pria yang dioleskan berteriak kesakitan menahan efek dari daun tersebut.

Respon warga lokal TikTok/@azis.abdullah

foto: TikTok/@azis.abdullah

Selanjutnya seorang perempuan yang sedang duduk menggulungkan celana hingga ke atas lutut. Ia ingin mencoba daun tersebut dibantu dengan warga lokal untuk mengoleskannya. Sontak wanita ini berteriak karena kesakitan.