Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika kawasan wisata Labuan Bajo merupakan destinasi wisata keren dan menakjubkan. Banyak spot menarik di wilayah ini yang bisa diekplorasi.  

Nuansa alami dengan panorama yang memanjakan mata bisa ditemui di wilayah ini. Tak heran jika daerah ini cocok buat kamu yang ingin rehat sejenak dari suasana riuh dan sibuknya kawasan perkotaan. Berikut lima objek wisata di Labuan Bajo yang menyuguhkan sisi lain dari kawasan berjuluk Mutiara Timur Indonesia ini.

1. Gua Rangko

5 Wisata Labuan Bajo © 2019 brilio.netinstagram @travellerindokece/foto by @ewink_ali

Berenang di perairan alam terbuka sudah menjadi hal yang biasa. Namun, pernahkah kamu mencoba berendam di mata air tersembunyi yang terletak di dalam gua? Jika belum, kamu bisa mendapatkan sensasi tersebut dengan mengunjungi Gua Rangko.

Loading...

Gua alam ini memiliki sumber mata air bak sebuah oase di tengah gurun. Warna perairan yang jernih dan alami serta suasana alam yang masih tersembunyi akan memanjakan kamu. Untuk mendapatkan panorama terbaik, sebaiknya kamu berkunjung sekitar pukul 13-15. Pada jam-jam tersebut, cahaya matahari akan menembus dari celah-celah gua dan memperlihatkan jajaran koral yang indah dari dasar kolam.

2. Gua Batu Cermin

5 Wisata Labuan Bajo © 2019 brilio.netinstagram @loopntt/foto by @juventiatjoa

Kawasan gua lain yang tak kalah menarik dari Gua Rengko adalah Gua Batu Cermin. Daya tarik yang ditawarkan gua ini meliputi dinding gua yang dapat memantulkan cahaya sampai menerangi sekitar 60% isi gua. Ada juga batu berpori yang mampu meredam suara, serta fosil penyu dengan posisi terbalik yang berada tepat di tengah gua.

Menurut sejarah, gua ini dulunya berada di bawah laut. Karena terjadi pergeseran atau patahan lempeng bumi yang menimbulkan gempa, beberapa wilayah di Pulau Flores tenggelam, lalu naik ke permukaan. Salah satu daerah tersebut adalah kawasan yang kini menjadi lokasi dari Gua Batu Cermin.

3. Sawah Lingko

5 Wisata Labuan Bajo © 2019 brilio.netinstagram @marceljerrywinata

Sawah Lingko atau Lengko merupakan kawasan persawahan dengan lanskap unik berbentuk sarang laba. Lokasinya sendiri berada di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, Labuan Bajo.

Saat mengunjungi Sawah Lingko, kamu dapat menghirup udara asri khas pedesaan sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari kawasan wisata ini, kamu dapat mendaki Puncak Weol dengan menapaki 250 anak tangga yang terbuat dari tanah. Jalur tersebut juga menggunakan tumpukan bambu sebagai penahan dengan jalan yang berkelok-kelok.

4. Gili Laba

5 Wisata Labuan Bajo © 2019 brilio.netinstagram @chiarasophievienna

Tak jauh dari kawasan Taman Nasional Komodo, kamu akan menemukan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang menawarkan panorama cantik nan memesona. Gili Laba, nama kawasan ini, merupakan salah satu objek wisata alam yang paling banyak diminati di Labuan Bajo.

Ada beberapa alasan mengapa tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berada di Labuan Bajo. Selain menjadi tempat terbaik untuk melihat panorama matahari terbit dan terbenam, jalur menuju Gili Laba juga menjadi kawasan trekking yang cukup indah. Kamu pun dapat melihat kapal-kapal nelayan yang berlabuh di bibir perairan Gili Laba.

5. Danau Kelimutu

5 Wisata Labuan Bajo © 2019 brilio.netinstagram @natashaprehn

Objek wisata alam populer di Labuan Bajo lainnya adalah Danau Kelimutu, kawasan danau kawah yang berada di kaki Gunung Kelimutu. Lokasinya sendiri berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Danau ini dikenal dengan warna airnya yang dapat berubah warna menjadi tiga warna berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Selain keindahan warna air danaunya, kamu pun dapat melihat deretan pohon cemara serta hamparan bunga edelweiss yang dikenal sebagai bunga keabadian.

Demikian ulasan mengenai sejumlah objek wisata alam di Labuan Bajo. Jika berencana untuk berkunjung ke Labuan Bajo dalam waktu dekat, sebaiknya kamu segera mencari tiket murah untuk penerbangan ke wilayah tersebut. Terkait hal ini, situs resmi atau aplikasi Airy bisa menjadi salah satu platform yang diandalkan.

Melalui Airy, kamu dapat mencari tiket Garuda Indonesia atau maskapai penerbangan lainnya dengan harga yang lebih terjangkau. Tersedia pula layanan refund dan reschedule jika Anda mengalami kendala saat merencanakan agenda liburan. Momen berlibur pun dapat direncanakan dengan lebih lancar dan nyaman.