Brilio.net - Region adalah istilah bahasa Inggris yang memiliki makna dalam bahasa Indonesia yaitu wilayah atau daerah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), region adalah bagian dari wilayah yang luas. Secara umum wilayah diartikan sebagai bagian permukaan bumi yang dapat dibedakan dalam suatu hal-hal tertentu dari daerah sekitarnya.

Setiap wilayah memiliki ciri-ciri tertentu, baik karena kekhasannya atau karena merupakan pusat suatu kegiatan usaha. Sebagai contoh, sebagian wilayah dari permukaan bumi adalah wilayah pertanian, karena setiap orang di wilayah tersebut memiliki sebidang tanah dengan luas tertentu.

Tujuan untuk mengetahui region ini adalah untuk memperoleh pengertian yang lebih mendalam tentang keseluruhan wilayah dengan mempelajari bagian-bagiannya. Biasanya batasan region ditandai dengan adanya kondisi fisik alam seperti laut, sungai, atau gunung.

Lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai konsep dan klasifikasi dari region, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (7/6).

Pengertian Region.

Region adalah bagian dari wilayah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Berikut ini beberapa pengertian region atau wilayah dari beberapa para ahli.

1. Taylor.

Region atau wilayah adalah suatu daerah di permukaan bumi yang dapat dibedakan dengan daerah sekitarnya berdasarkan kenampakan karakteristik yang menyatu.

2. Dickinson.

Wilayah adalah suatu daerah yang di dalamnya terdapat kondisi-kondisi fisik yang memungkinkan terciptanya tata kehidupan ekonomi tertentu.

3. Cressey.

Wilayah (region) adalah keseluruhan dari lahan, air, udara, dan manusia dalam hubungan yang saling menguntungkan. Setiap region merupakan satu keutuhan (entity) yang batasnya jarang ditentukan secara tepat. Region merupakan suatu kesatuan esensial antara ciri-ciri fisik dan ciri-ciri budaya.

4. Platt.

Wilayah adalah suatu daerah yang keberadaannya dikenal berdasarkan keberagaman (homogenitas) umum, baik didasarkan pada keadaan lahan maupun keadaan penduduknya.

5. M.M. Fenneman.

Wilayah adalah suatu daerah yang memiliki bentang lahan sejenis dan dapat dibedakan dengan daerah tetangganya.