Brilio.net - Memiliki pekerjaan dengan gaji besar dan sesuai dengan jurusan yang diambil saat duduk di bangku perkuliahan tentu merupakan suatu hal yang menyenangkan. Akan tetapi, hal tersebut tentunya tidak akan terasa membahagiakan jika tidak disertai dengan passion.

Hal itulah yang kemudian dirasakan oleh seorang pria asal Kota Nagpur di Maharashtra, India. Dikutip brilio.net dari laman india.com, Jumat (4/9), diketahui bahwa pria yang tak disebutkan identitasnya itu sebelumnya adalah seorang programmer di sebuah perusahaan ternama.

Sayangnya, gaji yang tidak kecil dan kantor yang nyaman ternyata tak bisa membuat dirinya terus bertahan untuk menjadi pengembang perangkat lunak. Akhirnya, pria tersebut pun memutuskan untuk resign dan membuka bisnisnya sendiri. Kini, ia pun bekerja sebagai chaiwala alias penjual teh di pinggir jalan. 

Singkat cerita, tanpa disangka sebelumnya, gerobak jualannya tersebut lantas menjadi viral usai seorang lelaki bernama Awanish Sharan membagikan fotonya yang tengah meracik teh di gerobaknya. Lewat sebuah cuitan di Twitter yang telah mendapat lebih dari 3600 likes, Sharan pun mengaku kagum dengan keberanian sang pria yang mana keluar dari zona nyaman.

"Ketika kejujuran sulit didapatkan di saat ini.. Dia sangat jujur menceritakan alasannya jadi penjual teh yang sebelumnya pengembang perangkat lunak dengan gaji yang besar," tulis Sharan.

Loading...

Sementara itu, lewat sebuah tulisan di bagian samping gerobaknya sendiri, mantan programmer itu pun menuturkan alasannya mengapa ia lebih memilih resign. Dirinya mengaku bahwa ia tak menemukan kedamaian saat menjadi programmer.

"Sebenarnya, saya adalah pengembang perangkat lunak. Saya telah bekerja di banyak perusahaan seperti Wipro dengan gaji tinggi tetapi tidak menemukan kedamaian," jelasnya.

Lebih lanjut, kecintaannya akan teh dan tak pernah bisa menemukan racikan teh dengan rasa enaklah yang lantas mendorongnya untuk menjadi chaiwala.

"Saya selalu ingin berbisnis. Setiap hari, secangkir teh biasa diletakkan di meja saya. Namun, saya tidak pernah menemukan jenis teh yang luar biasa. Saya selalu menyukai teh. Saya ingin ada tempat di mana orang bisa menikmati teh yang luar biasa. Itulah sebabnya saya memulai bisnis saya dengan teh dan menjadi… Insinyur Chaiwala," paparnya.

Sejumlah warganet yang membaca unggahan tersebut lantas turut salut kepada pria itu. Banyak yang menghargai keputusan sang lelaki karena telah mengikuti kata hatinya dan melakukan sesuatu yang benar-benar menjadi passion-nya.

"Ya, kepuasan batin itu lebih penting. Tidak peduli profesi apa yang kamu jalani," tulis @_sarcasm4u_.

"Tidak ada yang namanya bisnis kecil. Semua itu ada karena kebutuhan untuk bertahan dengan penuh dedikasi," sambung @Erkmithilesh_.