Brilio.net - Membuat lukisan di atas kanvas mungkin sesuatu yang biasa dan bisa dilakukan oleh siapapun. Tapi bagaimana jika melukisnya dari balik kanvas dan menggambar wajah dengan posisi terbalik?

Terdengar seperti hal yang sulit dilakukan, namun semua itu dibuktikan pelukis asal Sabah, Malaysia. Pria tersebut menciptakan lukisan wajah Jimin BTS tanpa melihat.

Melansir dari akun TikTok @jeffart06, dia adalah Jefriddin Suliman, memamerkan bakatnya melukis dengan membelakangi kanvas. Lelaki berusia 38 tahun itu juga sering membagikan karya lukisan lain di platform TikTok-nya.

Jefriddin mengatakan, sudah melukis potret wajah dengan berbagai macam teknik. Semua itu ia bagikan lewat video TikTok dan disaksikan banyak orang.

melukis jimin terbalik © TikTok

foto: TikTok/@jeffart06

"Macam-macam teknik yang pernah saya buat untuk melukis potret. Jadi, saya mau pastikan setiap lukisan yang dibagikan kepada followers menggunakan teknik yang berbeda," katanya dikutip dari Mstar.com, Minggu (29/5).

"Teknik melukis 'double' terbalik ini pernah dibuat di luar negeri. Saya coba pelajari dan mempraktikkan hal yang sama untuk potret Jimin BTS," ujarnya.

melukis jimin terbalik © TikTok

foto: TikTok/@jeffart06

Satu lukisan potret wajah Jimin BTS dengan teknik 'double terbalik' itu diselesaikan dalam waktu kurang lebih 40 menit. Jefri mengaku tidak dibantu oleh cermin sama sekali, namun untuk dapat hasil lukisan yang bagus, dia harus berlatih melukis di luar rumah pada waktu siang hari.

"Saya melukis wajah Jimin secara terbalik dari arah belakang. Tidak ada cermin di depan, dan memang saya membelakangi kanvas. Ingin lukis dari arah belakang ini ada tekniknya, di mana saya perlu melukisnya di luar rumah pada waktu siang untuk mendapatkan bayang-bayang dari cahaya matahari," ungkapnya.

melukis jimin terbalik © TikTok

foto: TikTok/@jeffart06

Menggambar dengan teknik ini bukan sesuatu yang mudah. Jefri sering mengalami mati rasa karena harus menekukkan lengannya pada saat melukis.

"Untuk mengatasi situasi tersebut, saya menggambar secara bergiliran. Ketika tangan kanan saya mati rasa, saya menggambar dengan tangan kiri saya. Kalau tangan kiri saya lelah, saya ganti pakai tangan kanan," jelasnya.

melukis jimin terbalik © TikTok

foto: TikTok/@jeffart06

Menariknya, Jefri bukan hanya melukis menggunakan media seperti spidol atau pena saja, tapi juga serbuk susu bercampur air. Kemampuan melukisnya itu tentu menarik sebagian besar warganet TikTok.

Pujian dan apresiasi diterima Jefri melalui kolom komentar. Tak sedikit juga nih warganet yang request member BTS lain untuk digambar. Salut banget, deh!