Brilio.net - Tradisi melempar botol berisi surat sudah ada sejak lama. Saat melempar surat ke laut dipercaya pesan tertulis itu bisa sampai ke orang yang kita tuju. Meski hanya mitos biasa, namun hal itu masih banyak melakukannya.

Contohnya pria bernama Wim Kruiswijk telah mengumpulkan 1.200 surat dalam botol yang ditemukannya di bibir pantai selama 34 tahun. Ia pun telah membalas semua isi pesan tersebut. Dilansir dari Odditycentral, Minggu (26/11), pria asal Belanda itu menceritakan awal mula melakukan tingkah isengnya itu. Pada tahun 1983, saat dirinya tengah bersantai di pantai ia menemukan tiga botol di area tersebut. Setiap botol berisi surat dan alamat pengirim. Karena iseng, ia membalas surat-surat itu ke alamat masing-masing dan terkejut menerima tanggapan dari setiap pengirim. Pengalaman ini yang memicu minatnya untuk berburu dan mengumpulkan pesan di dalam botol.

Wim © 2017 brilio.net

"Saya menemukan pesan (untuk) saya di dalam botol di Pantai Zandvoort, tempat saya tinggal dan di Dutch Island,” katanya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kruiswijk mengaku menemukan botol berisi surat di pinggir pantai merupakan hadiah bagi dirinya. Lalu, kebahagiaan keduanya ialah saat ia mulai membaca isi pesan tersebut di rumah. Hingga kini, pria berusia 68 itu telah menerima pesan dari orang di berbagai belahan dunia.

Wim © 2017 brilio.net

Pada tahun awal, saat ia memulai hobinya itu, Kruiswijk mampu menemukan 50 botol per tahun. Namun sejak tahun 2000, ia hanya bisa menemukan sekitar 20-30 botol. Hal tersebut dikarenakan upaya pembersihan pantai oleh petugas dan juga maraknya penggunaan internet.

"Saya dulu mendapat tanggapan sebanyak setengah pesan yang saya jawab, sekarang kurang. Banyak orang yang menginginkan cara instan," ucapnya.

Di balik hobinya itu, Kruiswijk adalah pensiunan penata buku. Ia menyimpan semua koleksinya dengan apik dan memasukkannya ke dalam folder plastik.

(brl/fen)