Sang pemilik akun pun kemudian menjelaskan kronologi bagaimana ia membongkar cor-coran yang ada di rumahnya, untuk melihat lebih detail penampakan emasnya. Kepingan emas tersebut tampak berada di tempat tersembunyi. Bahkan pemilik akun juga mengaku sempat merasa takut saat membongkar cor-coran untuk mengambil emas.

"Yang penasaran kita bongkar sama-sama. Kayaknya gede ukuran emasnya susah, harus pakai linggis," tulis keterangan video.

"Antara seneng dan takut," imbuhnya.

beli rumah tua dapat benda tak terduga © 2022 TikTok

foto: TikTok/@mang_ebog

Hingga pada akhirnya, pria tersebut bisa membongkar emasnya. Terlihat kepingan emas yang berusia tua itu dibungkus kain yang membuatnya susah saat diambil.

"Ini dimasukkin ke barang ini, nggak tahu apa, sama ditutupin kain kayak rambut," ucap pria tersebut.

beli rumah tua dapat benda tak terduga © 2022 TikTok

foto: TikTok/@mang_ebog

Menurut pengakuan sang pemilik akun, rumah tua yang ia beli diduga milik bos tambang emas. Namun, rumah tersebut sudah diwariskan secara turun-temurun ke anak-anaknya. Tak berhenti disitu, pemilik akun juga akan menanyakan kebenarannya ke penjual rumah terkait penemuan emas tersebut.

"Dengar dari tetangga sekitar, dulu rumah ini bekas bos tambang, cuman di wariskan ke anaknya lagi, ke anak dari anaknya, dan pada akhirnya di jual ke saya," tulis pemilik akun.

beli rumah tua dapat benda tak terduga © 2022 TikTok

foto: TikTok/@mang_ebog

Diketahui, setelah pemilik akun memberitahu kepada penjual rumah melalui pesan WhatsApp, ia berniat untuk mengembalikan emas tersebut. Sontak dari video yang diunggah itu mendapat berbagai respons dari warganet.

"Harusnya sih udah jadi hak milik yang beli, nggak dikembalikan nggak papa, tapi maybe (mungkin) masnya terlalu baik jadi dikasihkan deh hehehehe," tulis @eraherah4

"Kayaknya kalau rumah dan lahan sudah dibeli berarti itu semua sudah hak yang beli rumah dan tanahnya," tulis akun @liveadinda0

"Mantap mas gue suka kejujuranmu semoga rejekinya lancar," tulis akun @weni3nyadewa

"Kalau orang dulu emang suka di kasih emas, uang lama.. kalau bangun rumah itu syaratnya.. supaya murah rezeki.. pokoknya enak aja di dalam rumah," tulis @rizaenoeno

"Masya Allah amanah sekali Abang ini.. mau mencari yang jual rumah. Sehat terus bang," tulis akun @yudieza83

"Lebih baik bilang sama yang punya rumah dulu kak, niat baik tuhan selalu memberi lebih lagi," tulis @nikalestari5