Setelah 30 hari berhasil menjaga pola makan tanpa minuman manis, pria ini pun mengunggah video selanjutnya untuk memberitahukan efek yang dirasakan setelahnya.

momen pria berhasil tidak minum manis selama 30 hari TikTok

foto: TikTok/@lutfisabili

Dirinya mengaku, tubuhnya terasa lebih enteng dan tidak gampang capek saat melakukan aktivitas. Meskipun begitu, dirinya mengaku belum ada perubahan bentuk tubuh yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh pola makannya juga yang masih berantakan. 

"Belum ada perubahan signifikan. Karena gua masih berantakan gitu makannya. jAdi ya mungkin perubahannya lebih ke habit aja sih. Soalnya dulu gue tuh parah banget. Sehari bisa 5-6 botol minuman manis, kaya teh, susu, milktea kayak gitu,"

Pria tetap berkomitmen untuk terus menjaga habit-nya tersebut dan melanjutkannya tantangan untuk melakukan 30 hari tanpa makanan tepung.

momen pria berhasil tidak minum manis selama 30 hari TikTok

foto: TikTok/@lutfisabili

Video yang telah ditonton sebanyak 1,7 juta kali ini pun menuai banyak komentar dari warganet. Banyak pula yang telah melakukan hal yang sama dengan pria dalam video dan menuliskan testimoninya di kolom komentar.

Meski tidak punya efek seberapa, paling tidak menjaga 30 hari tanpa minuman manis membuat tubuh jauh lebih segar dan nggak gampang ngantuk saat kerja di siang hari.

"Stop minuman manis selama 30 hari aja udah jadi sebuah pencapaian kak. Semangat! Aku aja nggak pernah full 30 hari," tulis pemilik akun @susaneleonora.

"Aku udah nyobain. Rasanya nggak cepat lelah, kulit lebih fresh, nggak gampang ngantuk, kulit malah ga jerawatan si," kata akun @honey.store14 menuliskan testimoninya.

"Efek paling penting adalah nggak kebanyakan jajan, duit jadi awet hahaha," timpal akun @jakartakerasbgt.

"Tanpa minuman manis sebenarnya gampang. Yang susah itu hidup tanpa makanan tepung," ujar akun @ziz.land.

@lutfisabili Replying to @minminee00 berat badan turun 2 kilo, karena dibarengin juga ngurangin porsi makan, susah bagi gua untuk langsung stop ini itu, jadi satu-satu duluu #tanpaminumanmanis #minumanmanis #tanpagula #diabetes #fyp #foryourpage Jiwa Yang Bersedih (Sped Up Version) - Ghea Indrawari