Brilio.net - Kantor media berita Al Arabiya mengunggah sebuah foto Kabah dan ramai diperbincangkan publik lini masa, Minggu (10/12). Dalam foto tersebut, kiblat umat Islam di seluruh dunia terekam kamera sesaat sebelum diselimuti kain penutup atau kiswah. Foto langka tersebut diambil sekitar 76 tahun yang lalu.

Gambaran ekterior langka tersebut diabadikan pada tahun 1940. Ketika itu pemerintah Arab Saudi membutuhkan dana sekitar 22 juta riyal untuk membuat kiswah. Pengerjaannya pun pada saat itu terbilang sulit dan butuh waktu 10 bulan.

Kabah © 2017 brilio.net

Kiswah dibuat dengan sutera murni. Terdiri dari 47 gulungan, memiliki panjang 14 meter dan berat 670 kilogram. Selain itu, 10 kilogramnya belapiskan perak dengan kawat sutera emas murni.

Kabah © 2017 brilio.net

Loading...

Kabah © 2017 brilio.net

Di Arab Saudi sendiri, pembuatan kiswah sudah dilakukan sejak tahun 1930-an oleh sebuah pabrik yang terletak di pinggir Kota Mekkah, Arab Saudi. Dalam pabrik tersebut, pembuatan kiswah dilakukan dengan menggunakan mesin tenun modern. Di pabrik kiswah yang areanya seluas 10 hektare itu dipekerjakan sekitar 240 perajin kiswah. Sedangkan menurut sejumlah sumber, sebelum 1930, kiswah didatangkan dari luar Arab Saudi.