Petugas kereta api fasih berbahasa Jawa.

petugas kereta api di Belanda fasih berbahasa Jawa  Tiktok

foto: TikTok/@narasi.nara

Dalam video singkat tersebut memperlihatkan situasi stasiun yang cukup sepi. Di stasiun itulah Nara bertemu dengan seorang pria dengan setelan baju dinas rapi. Pria tersebut merupakan seorang petugas kereta api di Belanda. Jika dilihat sekilas petugas kereta api tersebut terlihat seperti penduduk Belanda pada umumnya. Namun, ketika berbicara petugas kereta api yang tidak diketahui namanya itu membuat Nara si pemilik video kaget. Pasalnya petugas kereta api tersebut berbicara dengannya menggunakan bahasa Jawa.

Pria yang mengenakan baju biru itu terdengar fasih dan tidak terbata-bata ketika berbicara bahasa Jawa. Obrolan antara Nara dengan pria tersebut dimulai dari Nara yang memperkenalkan dirinya bahwa ia tinggal di Bali. Kemudian pria Belanda yang mengenakan topi itu pun mengatakan bahwa ia memiliki rumah di Bali.

petugas kereta api di Belanda fasih berbahasa Jawa  Tiktok

foto: TikTok/@narasi.nara

Sementara itu, ketika sedang asyik berbincang terdapat hal yang cukup menarik. Ternyata petugas kereta api yang tidak diketahui namanya itu merupakan keturunan asli orang Indonesia. Sang ibu berasal dari daerah Flores, sedangkan sang ayah berasal dari Solo. Walaupun kedua orang tua berasal dari Indonesia, pria tersebut besar dan menempuh pendidikan di Belanda.

petugas kereta api di Belanda fasih berbahasa Jawa  Tiktok

foto: TikTok/@narasi.nara

"Di Belanda sangat banyak warga keturunan Indonesia yang masih lancar berbahasa Jawa. Bapak ini saksi hidup menunjukkan banyaknya perspektif pada sejarah bangsa kita di masa lalu," keterangan dalam video tersebut, dikutip brilio.net dari TikTok @narasi.nara (4/12).

Petugas kereta api itu pun sempat tinggal di Indonesia ketika ia berusia sekitar 3 hingga 5 tahun. Namun karena adanya kepentingan orang tua, pria tersebut kembali ke Belanda.

"Bapak ku itu ke sini tahun 1959, waktu dulu ketika dapat grasi. Soalnya dulu suruh milih, mau pulang atau ke Belanda," jelas pria tersebut.

Di sisi lain, karena pria tersebut harus bekerja akhirnya percakapan antara Nara dan petugas kereta api yang fasih berbahasa Jawa itu pun harus berakhir.

Lantas, video yang memperlihatkan momen tersebut pun menarik perhatian warganet. Hingga warganet membanjiri dengan berbagai komentar.

"di belanda paling bnyak itu keturunan ambon maluku," tulis akun @dejavu.sky.

"Brarti aku nek ning Belanda ttp lancar ngetrip insyaAllah ya nggo boso jowo," akun @hanyhanos berkomentar.

"buset... berasa di stasiun solo balapan," komentar akun @republikcinta.

"Ga heran daerah timur mendukung blanda di world cup karna sejarah yg panjang," imbuh akun @3beee.

@narasi.nara

Di Belanda sangat banyak warga keturunan Indonesia yang masih lancar berbahasa Jawa. Bapak ini saksi hidup menunjukkan banyaknya perspektif pada sejarah bangsa kita di masa lalu.

Bengawan Solo (Waljinah) - Waljinah