Brilio.net - Mendapat panggilan wawancara kerja tentu jadi hal yang berarti bagi jobseeker. Terlebih, jika tawaran tersebut datang dari perusahaan yang diimpikan. Pada tahap wawancara kerja ini, biasanya pelamar akan berhadapan langsung dengan HRD atau biro sumber daya manusia.

Pelamar akan dinilai dari berbagai aspek. Mulai dari hal kecil seperti penampilan hingga kemampuan yang kamu miliki untuk bekal bekerja. Nah, perasaan gugup pada saat menunggu giliran wawancara sudah biasa terjadi. Namun, jika tak bisa mengatasinya malah bisa bikin blank di saat krusial.

Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memiliki kesan pertama yang baik dan percaya diri. Ketika kamu bisa membuat kesan pertama meyakinkan, maka nggak menutup kemungkinan kesempatan diterima semakin besar. Nah, 20 detik pertama saat wawancara kerja jadi kunci penting untuk itu.

Lalu, bagaimana tips membuat kesan pertama yang baik saat wawancara kerja? Berikut ulasannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (28/11). 

1. Perkenalan pertama besar efeknya.

Pentingnya 20 detik pertama © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Kesan pertama bisa membuat calon atasan mengingat kamu, loh. Pasalnya, apa yang kamu katakan selama fase wawancara pertama bisa membuat perbedaan besar pada tahap interview. Bersikaplah sopan dan tawarkan untuk berjabat tangan meski rekruter tidak menyodorkan tangan terlebih dulu. Etiket ini adalah bagian dari kesan awal yang baik.

Jangan lupa berikan senyum natural dan katakan kamu senang bertemu dengannya. Serta tunjukkan antusiasme dengan menjaga kontak mata. Selanjutnya berikan informasi pribadi yang benar-benar penting dan lanjutkan menjelaskan pengalaman kerja.

2. Vibes positif akan membawa napas baru bagi perusahaan.

Pentingnya 20 detik pertama © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Pada saat menghadapi wawancara kerja biasanya seorang pelamar diminta untuk mendeskripsikan diri sendiri. Nah, cobalah untuk memberikan vibes positif sehingga kelemahanmu tak terlihat. Jika kamu merasa gugup, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.

Ini saatnya kamu percaya diri dengan kemampuanmu. Perlu diingat, pada tahap ini adalah proses menawarkan ataupun menjual diri kamu ke calon atasan. Jangan sampai berbicara negatif tentang perusahaan kamu sebelumnya, ya.

3. Penampilan dan performamu bekerja akan dinilai.

Pentingnya 20 detik pertama © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Penampilan akan menjadi perhatian saat pertama kali kamu datang untuk wawancara kerja. Nggak hanya rapi, tapi pastikan juga pakaian yang kamu kenakan sesuai dengan citra perusahaan supaya memberikan kesan yang menarik. Formal atau santai, pastikan juga kamu menggunakan pakaian yang sopan dan tidak berlebihan.

Penampilan dan performa tidak boleh jomblang. Pastikan kamu selalu sigap dalam mencari informasi di era digital kini. Jangan sampai performamu turun karena smartphone tidak mumpuni. OPPO A77s bisa jadi pilihanmu. Smartphone ini memiliki desain yang sekilas mirip dengan OPPO Reno series. Sebab, bagian punggung ponsel ini dihiasi dengan material khusus yang dijuluki Fibreglass-Leather Design. Dengan desain ini, punggung perangkat memiliki tekstur kulit yang kesat di tangan, tidak licin, dan bebas dari bekas sidik jari.

Meski demikian, desain ini hanya tersedia untuk OPPO A77s varian warna Sunset Orange saja, sedangkan varian warna lainnya, yaitu Starry Black menggunakan material doff yang kesat, bukan kulit. Ponsel ini sangat cocok untuk menunjang fashionmu agar semakin terlihat stylish.

OPPO A77s ini dilengkapi dengan dua buah kamera belakang yang dimuat dalam sebuah modul persegi. Kedua kamera itu masing-masing beresolusi 50 MP dan 2 MP (monokrom). Sedangkan pada bagian tengah atas layar, terdapat kamera depan bergaya waterdrop yang memuat  kamera selfie 8MP.

Pentingnya 20 detik pertama © 2022 brilio.net

foto: OPPO

Tidak hanya itu saja, OPPO A77s ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 12.1. Fitur pendukung lainnya mencakup speaker berteknologi Dirac Sound, tingkat ketahanan terhadap debu dan air dengan rating IP54, 3,5 mm audio jack, pemindai sidik jari yang disematkan di tombol power, dan masih banyak lagi.

OPPO A77s ini juga ditenagai dengan chipset Snapdragon 680 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB. Baterai ponsel ini berkapasitas 5.000 mAh dan mendukung pengisian cepat berdaya 33 watt. Sehingga performanya mendukung penggunanya yang aktif di media sosial. Untuk informasi lebih lanjut mengenai OPPO A77s klik di sini.

4. Kesiapanmu diuji dengan matang.

Pentingnya 20 detik pertama © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Selanjutnya segala kesiapanmu akan diuji di sini. Nah, persiapan adalah kuncinya. Perusahaan terkadang akan memberikan pertanyaan sulit supaya membuat kamu lengah. Persiapkan beberapa jawaban yang sekiranya akan membuat rekruter terkesima dan melihat kesungguhan tekadmu.

Jauh-jauh hari lakukan riset terlebih dahulu tentang seluk beluk perusahaan itu. Seperti apa saja yang telah dicapai perusahaan dan tantangan yang akan mereka hadapi.Terpenting kamu juga perlu memahami peran atau kerja posisi yang kamu harapkan.

5. Rekruter akan melihat komitmenmu.

Pentingnya 20 detik pertama © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Terakhir beri closing statement yang optimis dan antusias agar lebih menyakinkan rekruter kalau kamu benar-benar punya niat bergabung di perusahan tersebut. Beri tahu tentang kualitas baik kamu dan mengapa harus menerima kamu bekerja di perusahaan itu. Kamu bisa memberi jawaban motivasi kerjamu dengan menunjukkan kontribusi yang bisa kamu berikan untuk perusahaan.