Human Resources atau yang dikenal dengan Sumber Daya Manusia memiliki dua pengertian. Pertama, berupa usaha atau jasa kerja yang mampu diterapkan dalam proses produksi. Dengan kata lain seseorang yang bekerja dengan kualitas baik dalam periode waktu yang ditentukan sehingga dapat menghasilkan barang atau jasa.

Kedua, SDM berkaitan dengan yang pertama, yaitu seseorang yang dapat bekerja (disebut usaha kerja), dan menghasilkan jasa kerja. Mampu/dapat bekerja maksudnya dapat melakukan berbagai macam pekerjaan dengan nilai ekonomis (dengan kata lain menghasilkan barang/jasa).

3. Hasibuan (2003)
Sumber Daya Manusia merupakan suatu kemampuan terpadu yang diperoleh dari kemampuan berpikir dan daya fisik yang dimiliki seseorang. Perilaku dan sifat dipengaruhi lingkungan hidup, sementara prestasi dalam bekerja diperoleh dari dorongan/keinginan untuk mencapai suatu kepuasan.

Sumber Daya Manusia berasal dari pola pikir dan daya fisik, sehingga unsur utama untuk memiliki SDM berkualitas bersumber dari diri sendiri, dimulai dari berbagai pekerjaan atau kegiatan yang dapat membuat kita puas sehingga motivasi untuk berkembang semakin tinggi.

Daya pikir seseorang merupakan nikmat alamiah sejak lahir, sedangkan usaha dan pelatihan akan menghasilkan suatu kepintaran (kecakapan). Walaupun sudah banyak Peralatan canggih pada zaman sekarang ini tanpa SDM yang berkualitas tidak akan berguna.

4. CIPD (2005)
Berdasarkan The Chartered Institute of Personnel and Development, SDM merupakan suatu strategi perencanaan, pemeliharaan, pelaksanaan dalam mengelola manusia agar memiliki kinerja yang optimal dalam usaha termasuk di dalamnya sebagai pendukung strategi serta pengembangan kebijakan.

5. Mathis dan Jackson (2006)

pengertian sdm  © pixabay.com foto: pixabay.com

Sumber Daya Manusia merupakan suatu rancangan sistem-sistem formal yang terdapat dalam suatu organisasi untuk melihat kemampuan atau skill yang dimiliki seseorang secara efisien dan efektif dengan tujuan agar tercapainya tujuan organisasi tersebut.