Brilio.net - Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki ras dan etnis yang beragam. Keberagaman ras tersebut disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah kehadiran bangsa asing ke wilayah Nusantara sejak zaman dulu.

Masing-masing ras itu memiliki ciri fisik tertentu yang berbeda, sebagai akibat pewarisan biologis. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/3), berikut ini ulasan tentang pengertian ras menurut ahli, serta macam-macam ras yang ada di Indonesia.

Horton dan Hunt berpendapat bahwa yang dimaksud ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya selain dari segi ciri-ciri bawaan.

ras © pixabay.com

foto: ilustrasi/pixabay.com

Sementara, Koentjaraningrat menyatakan, ras adalah suatu golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh tertentu.

Berbeda lagi dengan Grosse yang mengemukakan bahwa ras adalah segolongan manusia yang merupakan satu kesatuan karena kesamaan sifat jasmani dan rohani, sehingga dapat dibedakan dengan kesatuan lain.

Dari pendapat-pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan ras adalah golongan manusia dengan ciri fisik yang sama. Ciri-ciri fisik yang menjadi dasar pembagian ras meliputi:

- Ciri-ciri kualitas: Warna kulit, bentuk rambut, bentuk lipatan mata, dan bentuk bibir.

- Ciri-ciri kuantitas: Bentuk badan, berat badan, dan indeks kepala.

Macam-macam Ras di Indonesia

ras © pixabay.com

foto: ilustrasi/pixabay.com

1. Ras Malayan Mongoloid

Ras Malayan Mongoloid terdapat di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. Adapun ciri-ciri ras ini antara lain:

1. Warna kulit sawo matang
2. Mata hitam
3. Rambut hitam, lurus, dan berombak
4. Hidung dan bibir tebal
5. Tinggi badan rata-rata 150-165 cm.

2. Ras Melanesoid

Ras Melanesoid tersebar di wilayah Irian Jaya (Papua), Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Ras Melanesoid dapat dibedakan dengan ciri-ciri berikut:

1. Warna kulit hitam
2. Rambut hitam dan kering
3. Bibir agak tebal
4. Badan tegap
5. Hidung lebar cenderung pesek
6. Tinggi badan rata-rata 160-170 cm.

3. Ras Asiatic-Mongoloid

ras © pixabay.com

foto: ilustrasi/pixabay.com

Ras ini kebanyakan merupakan kaum pendatang, biasanya mereka tinggal di kota-kota besar. Penduduk yang termasuk ras ini antara lain China, Jepang, dan Korea. Ciri-cirinya, yaitu:

1. Warna kulit kuning
2. Mata sipit
3. Bibir tipis
4. Rambut hitam dan cenderung lurus
5. Tinggi badan rata-rata 155-165 cm

4. Ras Kaukasoid

Seperti ras Asiatic-Mongoloid, ras ini kuga merupakan kaum pendatang yang umumnya tinggal di kota-kota besar. Yang termasuk ras ini di antaranya penduduk India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika. Ciri-ciri ras Kaukasoid yaitu:

Warna kulit orang India agak kuning, sedangkan orang Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika adalah putih.

1. Rambut hitam atau pirang
2. Hidung mancung
3. Bibir tipis
4. Tinggi badan rata-rata 165-180 cm.