Brilio.net - Setiap manusia memiliki kebutuhan dengan tingkat yang berbeda-beda. Jika diamati lebih mendalam, kebutuhan manusia seperti tidak memiliki batas akhir. Saat kebutuhan yang satu tercukupi, maka kebutuhan lainnya akan muncul. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan biaya atau pengorbanan untuk memenuhinya.

Adanya kebutuhan yang banyak namun biaya untuk membeli kebutuhan terbatas, maka muncul sebuah prinsip yang dikenal dengan prinsip ekonomi. Pengaplikasian prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari akan menghasilkan dua perilaku yaitu, bertindak ekonomis dan berpikir ekonomis.

Bertindak ekonomis merupakan tindakan seseorang atau manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan tindakan yang rasional melalui pemikiran secara matang dan selalu berpegang pada prinsip ekonomi. Sedangkan berpikir ekonomis merupakan cara berpikir yang bukan hanya sebagai pengguna tetapi juga melakukan sebuah tindakan produksi barang atau jasa sendiri.

Untuk memahami lebih rinci mengenai prinsip ekonomi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (30/8).