Brilio.net - Pondok pesantren adalah lembaga keagamaan yang memberikan pendidikan, pengajaran, serta pemgembangan dalam menyebarkan agama Islam. Sebuah pondok pesantren pada dasarnya adalah sebuah asrama pendidikan Islam tradisional di mana siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan seorang guru yang dikenal dengan sebutan kyai.

Asrama para santri biasanya berada di dalam lingkungan komplek pesantren di mana kyai tinggal. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki perbedaan dengan pendidikan formal lainnya. Perbedaan tersebut terlihat dari proses belajar mengajar yang cenderung sederhana dan tradisional. Pondok pesantren juga merupakan lembaga pendidikan Islam yang cukup unik karena memiliki elemen yang berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya seperti, adanya kyai, santri, pondok, masjid, dan kitab-kitab klasik. Nah untuk mempelajari lebih rinci mengenai pondok pesantren, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (8/9).

Pengertian pondok pesantren

pondok pesantren © berbagai sumber

foto: Wikimedia Commons/DARMAS SB

Pondok pesantren berasal dari dua kata yaitu pondok dan pesantren. Pondok berarti kamar, gubuk, atau rumah kecil yang dipakai dalam bahasa Indonesia untuk menekankan kesederhanaan bangunannya. Ada juga yang berpendapat bahwa pondok berasal dari bahasa Arab yaitu "funduq" yang berarti tempat tidur, wisma, atau hotel sederhana. Namun, secara umum pondok memang digunakan sebagai tempat penampungan sederhana bagi para pelajar yang lokasinya jauh dari tempat asalnya. Sedangkan pesantren berarti sebuah asrama pendidikan Islam tradisional di mana para siswa tinggal bersama dan belajar ilmu keagamaan di bawah bimbingan seorang kyai.

Terdapat beberapa pengertian mengenai pondok pesantren menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Masthutu menyatakan bahwa pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam untuk mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari.
2. Menurut Djamaluddin, pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama Islam yang tumbuh serta diikuti oleh masyarakat sekitar dengan sistem asrama yang santrinya menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian dan madrasah di bawah kepemimpinan seorang kyai.
3. A. Muktri Ali menjelaskan bahwa pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang didalamnya terdapat seorang kyai yang mengajar para santri dengan sarana masjid yang digunakan untuk menyelenggarakan pendidikan tersebut.
4. Piegeud dan De Graagf mengemukakan bahwa pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam nomor dua setelah masjid sebagai tempat penyiaran agama Islam di Indonesia.
5. Nurchalish Madjid menjelaskan bahwa pondok pesantren adalah artefak peradaban tradisional yang unik.
6. KH. Imam Zarkasih mengartikan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dengan sistem asrama atau pondok di mana kyau sebagai figur sentral dan masjid sebagai pusat kegiatan yang menjiwainya.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pondok pesantren merupakan satu tempat perkumpulan para santri yang ingin menambah ilmu-ilmu agama kepada seorang kyai untuk mempersiapkan diri untuk menciptakan perilaku yang baik dan menjadi seorang yang alim dan bertakwa kepada Allah SWT.