Brilio.net - Irama adalah sebuah alat penggerak dalam sebuah musik dan berfungsi untuk memberikan struktur komposisi. Irama mengacu pada cara seorang musisi agar dapat terhubung ketika beberapa musisi bermain musik bersama. Irama terbentuk dari perpaduan sekelompok bunyi dan berkaitan dengan kecepatan atau tempo lagu. 

Irama juga dapat dipahami sebagai bagian dari unsur musik di mana irama menjadi unsur dasar dalam musik. Terdapat beberapa elemen irama yaitu, tempo, aksen, ketukan, birama, dan masih banyak lagi. Untuk mempelajari lebih rinci mengenai irama, berikut brilio.net mengulasnya, dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (14/9).

Pengertian irama

penjabaran irama © berbagai sumber

foto: Unsplash/weston m

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), irama adalah gerakan berturut-turut secara teratur atau turun naik lagu yang beraturan. Irama disebut juga dengan ritme dan memiliki peranan penting dalam sebuah permainan musik. Kata ritme berasal dari bahasa Yunani yaitu rhytmis yang berarti suatu alunan bunyi yang teratur dan berulang. 

Irama juga disebut sebagai turun naiknya lagu yang beraturan atau alunan yang terjadi karena adanya pengulangan dan pergantian kesatuan bunyi dalam arus panjang pendek bunyi, keras lembutnya tekanan, dan juga tinggi rendahnya nada. Karena itu, irama lebih sering diartikan sebagai pengatur panjang pendek dalam tinggi rendahnya sebuah nada pada musik atau lagu. Selain itu, irama berfungsi sebagai penggerak musik dan memberikan struktur komposisi.